Polemik Foto Bugil Tara Basro. FUI Minta Menteri Infokom Dicopot
Cari Berita

Breaking News

banner atas

Polemik Foto Bugil Tara Basro. FUI Minta Menteri Infokom Dicopot

INILAMPUNG
Sabtu, 07 Maret 2020




INILAMPUNGCOM--- Menteri Komunikasi dan Informatika Jhonny Gerard Plate menilai foto setengah telanjang artis Tara Basro di akun media sosialnya sebagai sebuah seni. Jhonny bilang foto itu menyampaikan pesan yang bagus, bukan foto yang melanggar undang-undang.

"Kata siapa melanggar UU ITE? Enggak lah. Harus dilihat baik-baiklah. Jangan semua hal itu didiametral begitu. Ada yang mengetahui itu. Evaluasinya adalah itu bagian dari seni atau bukan. Kalau itu bagian dari seni, maka itu hal yang biasa. Namanya juga seni," kata Plate, di Istana Kepresidenan Jakarta, kemarin.

Andi Mutiara Pertiwi Basro, yang dikenal sebagai Tara Basro, merupakan model dan aktris berkebangsaan Indonesia.

Menurut menteri, foto yang diunggah Tara bukanlah sesuatu yang melanggar Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronika (ITE).

Jhonny mengaku sudah melihat foto bintang film Gundala itu. Bagi dia, foto tersebut menggambarkan penampilan diri Tara.

"Saya juga sudah lihat fotonya kok. Fotonya masih dikategorikan itu bagian dari self respect," jelas Jhonny.

Usul Meteri Dicopot

Sekjen Forum Umat Islam (FUI), Muhammad Al Khaththath menilai  pernyataan Johnny G Plate yang menyebut postingan Tara Basro tak melanggar UU ITE sebagai tindakan offside.

"Menkominfo sudah offiside karena unggahan dari Tara Basro telah melanggar UU ITE  19/2016, pasal 27 ayat 1 tentang konten yang melanggar kesusilaan," ujar Khaththath melalui keterangan tertulisnya, Sabtu 7 Maret 2020.

haththath pun menilai agar sebaiknya Presiden Jokowi dapat segera mencopot Menteri dari partai Nasdem tersebut lantaran pernyataannya. Johnny dianggap tak layak menjadi menkominfo.

"Itu Menkominfo tidak layak jadi (Menkominfo) seharusnya Presiden Jokowi dapat mencopot Johnny G Plate karena sudah melanggar kok masih dibela," kata Khaththath

Terkait adanya perbedaan antara dia dengan Jubir Kemenkominfo dinilai hanya sebatas hipotesis saja. Menurut dia, sebelum dihadapkan dengal pasal UU ITE, maka harus dinilai terlebih dahulu.

Tara diketahui sempat mengunggah potret dirinya dengan nyaris tanpa busana. Potret tersebut diunggah Tara Basro ke Twitter pribadinya pada Selasa malam, 3 Maret 2020.

Dalam foto tersebut ia menuliskan kalimat, “Worthy of love”. Kemudian, ia juga menuliskan pesan baik untuk semua orang agar selalu percaya diri, “Coba percaya sama diri sendiri." Namun, unggahan foto itu kini sudah dihapus oleh Tara. (*)



LIPSUS