Puluhan Pelajar SMK Datangi DPRD Pringsewu
Cari Berita

Breaking News

banner atas

Puluhan Pelajar SMK Datangi DPRD Pringsewu

INILAMPUNG
Selasa, 03 Maret 2020

Pelajar SMK Nurul Huda Pringsewu studi lapangan di DPRD Pringsewu. Foto. Tyo.

INILAMPUNG.COM - Gedung DPRD Kabupaten Pringsewu pada Selasa (3-3-2020) didatangi 62 pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Nurul Huda Pringsewu.

Rombongan putih abu-abu itu tiba pukul 09.30 WIB. Mereka tidak untuk berdemontrasi. Tetapi studi lapangan mata pelajaran pendidkan kewarganegaraan (PKN).

Pelajar itu terdiri dari jurusan Animasi Komputer  27 siswa, 16 Perawat dan 19 jurusan Farmasi. Didampingi dua guru, Mailan Bastari dan Tika Apriana.

Mereka sejumlah anggota DPRD Pringsewu dari Komisi I hingga Komisi IV. Antara lain, Suryo Cahyono, Safruddin, Anton Subagio, Maulana M. Lahudin, Sudiyono dan Suryo Atmono serta Wakil Ketua II DPRD Rizky Raya Saputra.

Setelah masing-masing pihak melakukan pemaparan, para pelajar SMK Nurul Huda itu diajak berkeliling ruangan gedung DPRD dipandu anggota dewan, Anton Subagio.

Mailan Bastari mengatakan, di SMK Nurul Huda Pringsewu mulai kelas  X, XI dan XII pada awal semester genap merealisasikan program belajar sehari di luar kelas atau studi lapangan dengan mengunjungi berbagai stake holder atau lembaga terkait.

Kunjungan dilakukan sesuai dengan tema pelajaran. Untuk kelas XI dan XII  diarahkan belajar sehari ke Polres, Kejaksaan atau ke Pengadilan Negeri, KPU, Bawaslu Pemda dan DPRD. "Ada juga program belajar jurnalistik dan cara penerbitan surat kabar," jelas Mailan.

Sehari belajar di luar kelas, diharapkan para pelajar dapat lebih memahami dan mengetahui berbagai ilmu sesuai dengan bidangnya. Kunjungan ke DPRD, siswa diharapkan dapat memahami tentang perekrutan, cara menjadi anggota dewan, dan tugas sebagai wakil rakyat.

Sementara Anton Subagio menyebutkan, anggota DPRD Pringsewu periode 2019-2024 ada 40 orang. Terbagi menjadi empat komisi dan empat badan. Dengan tiga pimpinan, Ketua DPRD Suherman, Wakil Ketua I Hj. Mastuah dan Wakil Ketua II Rizky Raya Saputra.

Sedang anggota DPRD Maulana M. Lahudin memaparkan, tugas anggota dewan terkait dengan legilasi, anggaran dan pengawasan. (tyo/inilampung.com).

LIPSUS