Sujadi Ajak Masyarakat Sukseskan Sensus Penduduk 2020
Cari Berita

Breaking News

banner atas

Sujadi Ajak Masyarakat Sukseskan Sensus Penduduk 2020

INILAMPUNG
Senin, 09 Maret 2020

Bupati Pringsewu Sujadi melakukan pengisian data sensus penduduk secara online. Foto. Tyo.

INILAMPUNG.COM - Sensus Penduduk merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk menyusun dan menetapkan arah kebijakan pembangunan. 

Seluruh masyarakat wajib mendukung dan menyukseskan program Sensus Penduduk (SP) 2020 sistem online yang sedang dilaksanakan Badan Pusat Statistik (BPS) di seluruh Indonesia.

Imbauan tersebut disampaikan Bupati Pringsewu Sujadi usai melakukan pengisisan data kependudukan program SP Online, di kantor BPS setempat Senin (9-3-2020).

"Dengan sistem online ini, proses pengisian data kependudukan lebih mudah dilakukan. Karena itu, warga Pringsewu harus ikut berperan aktif menyukseskan program ini," kata Sujadi didampingi Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Malian Ayub dan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat Nazri Syauti.

Kepala BPS Pringsewu Eddy Prayitno menjelaskan, sensus penduduk adalah keseluruhan dari proses pengumpulan, pencatatan, pengolahan dan publikasi data demografi kependudukan.

"Sensusu pendukuk ini adalah progra rutin yang dilaksanakan pemerintah setiap  sepuluh tahun sekali. Tahun ini dilakukan dua sistem: online dan manual dengan mendatangi langsung penduduk dari rumah ke rumah," kata Eddy.

Dia melanjutkan, tujuan sensus tersebut  menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi dan karakteristik penduduk Indonesia menuju 'Satu Data Kependudukan.

Data kependudukan yang diinput dalam sensus ini, antara lain meliputi: jenis kelamin, status perkawinan, tempat dan tanggal lahir. Kemudian: akta kelahiran, status kewarganegaraan, suku bangsa, agama, tingkat pendidikan, pekerjaan serta karakteristik perumahan.

"Informasi yang diberikan juga dijamin kerahasiaannya sesuai dengan Undang-Undang Nomor: 16 Tahun 1997 tentang statistik," terangnya. (tyo/inilampung.com)

LIPSUS