Bupati Ingatkan Lima Prioritas Program Pembangunan
Cari Berita

Breaking News

banner atas

Bupati Ingatkan Lima Prioritas Program Pembangunan

INILAMPUNG
Selasa, 14 April 2020


INILAMPUNG.COM - Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Pesisir Barat dilakukan melalui video conference atau secara online, Selasa 14 April 2020.

Bupati Pesisir Barat (Pesibar) Agus Istiqlal dan Wakil Bupati Erlina berdampingan dalam satu ruangan mengikuti musrenbang melalui layar monitor. Didampingi Asisten Bidang Pemerintahan, Audi Marfi. Sementara peserta musrenbang yang lain berada di kantor masing-masing.

Pada kesempatan itu, Kepala Bappeda Pesisir Barat, Zukri Amin, mengatakan, musrenbang dilakukan untuk menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Pesisir Barat Tahun 2021. Sekaligus sebagai pedoman penyusunan RAPBD Tahun Anggaran 2021.

Disebutkan, prioritas program kegiatan yang dilaksanakan pada tahun anggaran 2021, menjadi pijakan tahun keempat RPJMD Kabupaten Pesisir Barat Tahun 2016-2021.

"Musrenbang tingkat kabupaten merupakan kelanjutan penjaringan aspirasi masyarakat yang telah dilaksanakan mulai dari musrenbang pekon, kecamatan, dan hasil konsultasi publik pada  awal tahun lalu," kata Zukri.

Sementara Bupati Agus Istiqlal mengharapkan, musrenbang yang digelar melalui video conference, tidak mengurangi subtansi kegiatan yang dilaksanakan.

"Saya berharap hal ini tidak mengurangi substansi acara serta tidak memutus tali silaturhami. Namun, tetap menyatukan persepsi dan menyusun arah pembangunan Kabupaten Pesisir Barat yang lebih baik," katanya.

Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal dan Wakil Bupati Erlina saat musrenbang yang digelar melalui video conference. Foto. Ina/inlampung.com.

Hingga tahun keempat RPJMD tahun 2016-2021, kata dia, telah banyak dicapai pemerintah daerah. Mulai dari pertumbuhan ekonomi, peningkatan kualitas dan kuantitas infrastruktur pelayanan dasar hingga pemberdayaan masyarakat.

"Semua keberhasilan pembangunan adalah berkat rahmat Allah subhanahu wataala dan kerja nyata seluruh aparatur pemerintahan daerah, baik eksekutif, legislatif yang merupakan representasi masyarakat, hingga kementerian lembaga, Pemerintah Provinsi Lampung serta seluruh Stakeholders," kata Agus.

Dia mengharapkan, pembangunan yang dilaksanakan dapat mewujudkan Pesisir Barat yang madani, mandiri dan sejahtera.

Karena itu, semua target yang telah ditetapkan harus diselesaikan. "Saya ingin memastikan bahwa setiap perencanaan dan penganggaran yang diambil para kepala perangkat daerah dan badan anggaran (banggar) DPRD, memberikan kontribusi dan kinerja maksimal terhadap lima prioritas permbangunan daerah," papar Agus.

Kelima prioritas permbangunan daerah tersebut yakni, Percepatan pembangunan infrastruktur pelayanan dasar dan konektivitas wilayah. Pembangunan sumber daya manusia
Pembangunan ekonomi masyarakat dan potensi unggulan daerah. Reformasi birokrasi dan pelayanan publik. Pengelolaan sumber daya alam dengan prinsip pembangunan lingkungan yang berkelanjutan dan
mitigasi bencana.

"Kelima prioritas pembangunan tahun 2021 mendatang diarahkan infrastruktur dan ekonomi masyarakat untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia untuk percepatan pembangunan," katanya.

Agus, mengharapkan hasil akhir perencanaan pembangunan tahunan berupa RAPBD tahun anggaran 2021 benar-benar aspiratif, partisipatif, dan akomodatif sebagaimana harapan seluruh masyarakat Kabupaten Pesisir Barat. (ina/inilampung.com).

LIPSUS