Di Tengah Covid-19, Para Penyair Cari Bentuk Kreativitas
Cari Berita

Breaking News

banner atas

Di Tengah Covid-19, Para Penyair Cari Bentuk Kreativitas

bdy
Rabu, 08 April 2020



INILAMPUNG.COM - Digagas penyair yang juga wartawan dan redaktur Kompas, Putu Fajar Arcana, melakukan dialog melalui aplikasi ZOOM bersama sejumlah penyair Indonesia, Rabu (08/04/2020) dari pukul 16.00 hingga 17.00 WIB.

Dialog terbatas ini menghadirkan penyair Tan Lioe Ie, Warih Wisatsana, Joko Pinorbo, Ratna Ayu Budhiarti, Mahwi Air Tawar, Hasan Aspahani, Isbedy Stiawan ZS, Sahadewa, dengan modertor Putu Fajar Arcana.

Pertemuan melalui ZOOM ini untuk menggagas acara lebih besar dalam mengisi kegiatan #dirumahsaja, imbas dari pandemi Corona. "Apalagi sejak 10 April, DKI Jakarta dan menyusu Jawa Barat akan memberlakukan PSBB," kata Arcana, panggilan akrab Putu Fajar Arcana.

Untuk menghadapi Pembatasan Sosial Bersekala Besar, perlu antisipasi kreatif dari penyair Indonesia. "Misalnya pembacaan puisi dan diskusi melalui media sosial. Mungkin 24 jam itu di isi baca puisi 50 sd 100 penyair dengan pembagian episode," jalas dia.

Masih kata Arcana, sebagai orang kreatif para sastrawan membutuhkan medium yang sesuai dengan situasi dan kondisi terkini. Rencana pembacaan puisi dan musikalisasi dilaksanakan pada 25-26 April 2020.

"Krisis pandemi ini mengajarkan para sastrawan mencari bentuk paling mutakhir untuk terus berkarya. Oleh sebab itu gagasan berekspresi secara daring ini dibutuhkan, paling tidak untuk menahan diri di rumah masing-masing," ucapnga.

Menurut Arcana, sastrawan harus berperan di tengah krisis. Dalam pertemuan daring nanti, para sastrawan bisa membaca puisi atau musikalisasi puisi. (zal/bdy/inilampung)


LIPSUS