Peduli Corona, Masyarakat Diajarkan Cara Membuat Disinfektan
Cari Berita

Breaking News

banner atas

Peduli Corona, Masyarakat Diajarkan Cara Membuat Disinfektan

INILAMPUNG
Kamis, 02 April 2020

IKA Peternakan FP Unila aksi peduli pencegahan penyebaran virus Corona. Foto. Ist.

INILAMPUNG.COM - Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Peternakan Fakultas Pertanian (FP) Universitas Lampung (Unila) melakukan aksi peduli pencegahan penyebaran virus Corona.

Menurut Ketua Umum IKA Peternakan FP Unila Aris Susanto, aksi peduli ini akan membagikan seribu botol hand sanitizer dan disinfektan kepada masyarakat.

Kegiatan pertama dilakukan di Keluarahan Korprijaya, Kecamatan Sukarame, Bandarlampung, Rabu 1 April 2020.

Selain itu, menuru Aris, IKA Peternakan FP Unila mengedukasi masyarakat dengan mengajarkan cara membuat disinfektan dengan bahan-bahan yang ada di toko sekitar rumah. "Tentu, bahan yang digunakan aman dan sesuai takaran," katanya.



Dalam rilis yang diterima Inilampungcom, Kamis (2-4-2020), disebutkan, pembagian hand sanitizer dan disinfektan dilakukan secara gerilya dari satu daerah ke daerah lain agar tidak menimbulkan kerumunan warga. "Aksi senyap tapi masif," ujar Aris.

Menurut Aris, pihaknya terus menggalang donasi kepada seluruh anggota IKA Peternakan, dosen Peternakan FP Unila serta masyarakat untuk kegiatan itu. Targetnya bisa membagikan seribu botol hand sanitizer dan disinfektan kepada masyarakat.

"Donasi bisa dalam bentuk uang, disinfektan, maupun botol sprayer. Saat ini kami agak kesulitan mencari botol sprayer hand sanitizer dan disinfektan, barangnya langka dan harganya cukup mahal," katanya.

Aksi ini tidak hanya bagi masyarakat umum. Hand sanitizer dan disinfektan juga akan diberikan kepada pelaku UMKM terutama para pedagang makanan dan minuman. Hal itu dilakukan agar pedagang tidak was-was dalam berjualan dan masyarakat juga merasa nyaman untuk membeli.

Selain itu, IKA Peternakan Unila juga akan memberikan bahan disinfektan bagi warga yang ingin menyemprot secara mandiri.

Bahkan, dia mengaku, ada permintaan disinfektan dari pondok pesantren, perumahan, dan beberapa rumah ibadah. "Insyaallah akan segera kami penuhi sehingga masyarakat bisa bersama-sama mencegah penyebaran virus Corona," katanya. (rls/inilampung.com).

LIPSUS