Satu PDP Corona di Pringsewu Diisolasi, Begini Riwayatnya
Cari Berita

Breaking News

banner atas

Satu PDP Corona di Pringsewu Diisolasi, Begini Riwayatnya

INILAMPUNG
Kamis, 02 April 2020

INILAMPUNG.COM - Pasien dalam pengawasan (PDP) virus corona dirawat di salah satu rumah sakit rujukan Covid-19 di Kabupaten Pringsewu.

Demikian dikatakan oleh Jubir Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pringsewu, dr Nofly, Kamis (2/4/2020).

PDP yang merupakan balita berjenis kelamin perempuan umur 2 tahun tersebut saat ini dirawat di ruang isolasi RS Mitra Husada Pringsewu sejak hari Rabu kemarin (1/4).

“PDP saat ini sedang dalam pemeriksaan di RS Mitra Husada, dan masuk di ruangan isolasi,” ujar dia.

Berdasarkan hasil lab yang dilakukan oleh pihak rumah sakit sementara ini, memvonis PDP menderita bronko-pneumonia yang sama persis dengan gejala Covid-19.

Riwayat Pasien
Diceritakan oleh orang tua PDP, pada hari Ahad kemarin (29/3) orangtua anak PDP mendapat kunjungan dari ODP warga Pekon Yogyakarta yang baru pulang dari Tangerang.

“ODP tersebut bersinggungan atau berinteraksi dengan balita tersebut. Ketika datang ke bengkel milik orang tua PDP, si ODP mencium balita itu yang kebetulan sedang bermain di luar rumah,” tuturnya.

Setelah dua hari sejak kejadian tersebut, balita ini kemudian masuk ke rumah sakit dengan gejala demam batuk dan pilek setelah dilakukan pemeriksaan didapatkan hasil lab bronko-pneumonia.

Atas kejadian tersebut, tim Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid19 Kabupaten Pringsewu melakukan pendataan serta pemetaan kontak ODP dengan warga sekitar.

Kemudian memberikan himbauan untuk mengisolasi diri baik ODP maupun warga sekitar yang sempat bersinggungan dengan ODP, serta melakukan penyemprotan disinfektan secara menyeluruh di tempat tinggal ODP.

“Kami juga memantau perkembangan kesehatan dari PDP sembari menunggu hasil lab ke dua. Serta menghimbau kepada warga untuk tidak panik,” terangnya.

Saat ini di Kabupaten Pringsewu, berdasarkan hasil pemantauan tim Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pringsewu, ada 39 jumlah ODP dan 1 PDP.(su/inilampung)

LIPSUS