Tambah 2, Kasus Positif Corona di Lampung Utara jadi 4
Cari Berita

Breaking News

banner atas

Tambah 2, Kasus Positif Corona di Lampung Utara jadi 4

INILAMPUNG
Jumat, 24 April 2020

INILAMPUNG.COM - Dua warga Lampung Utara kembali dinyatakan positif terjangkit Virus Corona. Dengan demikian, jumlah warga Lampung Utara yang positif terkena COVID-19 berjumlah empat orang.

Kedua orang yang dinamakan dengan K#3 dan K#4 ini berasal dari Kecamatan Abung Timur. Kepastian seputar status keduanya ini dinyatakan oleh Ketua Tim Gugus Tugas Penanggulangan COVID-19 Lampung Utara, Budi Utomo, Kamis (23/4/2020) malam.

“Saya sampaikan status terkini mengenai perkembangan COVID-19 di Lampung Utara bahwa telah ada pertambahan konfirmasi positif sebanyak dua orang,” terang Budi Utomo.

Status keduanya ‎didapat setelah pihaknya menerima hasil swab dari laboratorium balai besar laboratorium kesehatan Palembang pada hari ini. Keduanya terkena Virus Corona usai melakukan perjalanan dari luar daerah.

Untuk K#3, yang bersangkutan diketahui pernah mengikuti kegiatan keagamaan di Gowa, Sulawesi Selatan. Yang bersangkutan meninggalkan Lampung Utara pada tanggal 18 Maret dan tiba di Lampung pada 22 Maret. Transportasi yang digunakan ialah transportasi udara.

Sementara untuk K#4 diketahui memiliki riwayat perjalanan dari Bengkulu‎. Ia pergi ke Bengkulu pada tanggal 7 Maret dan tiba di Lampung pada 29 Maret. Transportasi yang digunakan ialah jasa travel bersama empat orang lainnya yang berasla dari Kecamatan Bungamayang, Sungkai Selatan, dan Kotabumi Utara.

“Saat ini, mereka dalam keadaan baik. Mereka melakuka‎n isolasi mandiri di rumah,” paparnya.

Menyikapi penambahan kasus ini, Budi mengaku pihaknya telah menginstrusikan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah untuk dapat menindaklanjuti kasus ini sesuai prosedur.

Tindak lanjut ini mencakup investigasi epidemologis, peningkatan edukasi dan informasi, menciptakan lingkungan yang positif dan efektif dalam pelaksanaan isolasi mandiri maupun di tempat isolasi khusus.

“Kami juga imbau dapat menahan diri dari rumah dan tetap menjaga jarak,” ‎imbau dia.

Kendati telah terjadi pertambahan ‎kasus, namun Budi mengatakan, Lampung Utara masih dalam zona hijau dan belum meningkat menjadi zona hijau. Alasannya, penularannya belum dari keluarga ke keluarga melainkan dari bepergian ke luar daerah.

“Penularannya dari luar daerah dan belum dari keluarga ke keluarga. Lampung Utara masih dalam zona hijau,” tegasnya.(teras/inilampung)

LIPSUS