Cari Berita

Breaking News

9 Kapolda Diganti. Siapa Saja ?

INILAMPUNG
Jumat, 01 Mei 2020

Logo Bhayangkara Polri (Ist/inilampung)

INILAMPUNGCOM -  Sembilan Kapolda diganti. Kapolri  Jenderal Pol Idham Azis melakukan rotasi besar-besaran di tubuh Polri, menjelang musim lebaran Idul Fitri 2020.

Diantara nama-nama yang terkena rotasi: Kapolda Jawa Tengah, Irjen Rycko Amelza digantikan oleh Brigjen Ahmad Luthfi yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Jawa Tengah. Sementara Irjen Rycko Amelza Dahniel yang sebelumnya menjabat Kapolda Jawa Tengah diangkat menjadi Kabaintelkam Polri.

Kapolda Jawa Timur akan dijabat oleh Irjen Mohammad Fadil Imran yang sebelumnya Sahlisosbud Kapolri. Sementara Irjen Luki Hermawan yang sebelumnya Kapolda Jawa Timur akan mengisi posisi Wakalemsiklat Polri.

Kemudian Kapolda Sumatera Selatan akan dijabat oleh Irjen Eko Indra Heri yang sebelumnya menjabat sebagai As SDM Polri. Sementara Irjen Priyo Widyanto yang sebelumnya Kapolda Sumatera Selatan diangkat menjadi Sahlisosbud Kapolri.

Kapolda Banten akan dijabat oleh Irjen Fiandar. Sementara Irjen Agung Sabar Santoso yang sebelumnya menjabat Kapolda Banten dimutasi menjadi Analis Kebijakan Utama Baharkam Polri.

Posisi Kapolda Bengkulu akan dijabat oleh Brighen Teguh Sarwono yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Bengkulu. Sementara Irjen Supratman yang sebelumnya Kapolda Bengkulu dimutasi sebagai Analis Utama Bidang Sespim Lemdiklat Polri.

Berikutnya, Kapolda Kalimantan Tengah akan diisi oleh Brigjen Dedi Prasetyo yang sebelumnya Karobinkar SSDM Polri.

Sementara Irjen Ilham Salahudin yang sebelumnya Kapolda Kalimantan Tengah dimutasi sebagai Analis Kebijakan Utama Itwasum Polri.

Kapolda Kepulauan Riau (Kepri) akan diisi oleh Irjen Aris Budiman yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua STIK Lemdiklat Polri. Sementara Irjen Andap Budhi Revianto yang sebelumnya Kapolda Kepri akan mengisi jabatan di Kementerian Hukum dan HAM.

Kapolda Kalimantan Selatan akan diisi oleh Irjen Nico Afinta yang sebelumnya menjabat sebagai Sahlisospol Kapolri. Sementara Irjen Yazid Fanani yang sebelumnya Kapolda Kalimantan Selatan akan menjabat sebagai Ketua STIK Lembdiklat Polri.

Irjen Pol. Muhammad Iqbal (Ist/inilampung)
Posisi Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB) akan dijabat oleh Irjen Muhammad Iqbal yang sebelumnya Kadiv Humas Polri. Sementara Irjen Tomsi Tohir yang sebelumnya Kapolda NTB diangkat sebagai Sahlisospol Kapolri.

Hal itu berdasarkan Surat Telegram Nomor ST/1378/V/KEP/2020 tertanggal hari ini, Jumat (1/5/2020) yang ditandatangani langsung oleh Wakapolri Komjen Gatot Edy Pramono.

Jabatan Kadiv Humas Polri akan diisi oleh Brigjen Raden Prabowo Argo Yuwono yang sebelumnya menjabat sebagai Karo Penmas Divisi Humas Polri. Sementara Irjen Muhamamad Iqbal yang sebelumnya Kadiv Humas Polri diangkat menjadi Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB).

Posisi Karo Penmas Divisi Humas Polri akan dijabat oleh Kombes Awi Setiyono yang sebelumnya Irwasda Polda Jatim. Posisi Irwasda Polda Jatim akan diisi oleh Kombes Sungkono yang sebelumnya Irwasda Polda Maluku.

Isi surat telegram itu dibenarkan Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Raden Prabowo Argo Yuwono. "Ya benar," tutur Argo dikonfirmasi pers.

Kapolda Kalteng
Jabatan Kapolda Kalimantan Tengah akan diisi oleh Brigjen Dedi Prasetyo yang sebelumnya Karobinkar SSDM Polri. Sementara Irjen Ilham Salahudin yang sebelumnya Kapolda Kalimantan Tengah dimutasi sebagai Analis Kebijakan Utama Itwasum Polri. (*IL-2/inilampung.com))


LIPSUS