Bus, Kapal dan Pesawat Beroperasi Mulai Besok!
Cari Berita

Breaking News

banner atas

Bus, Kapal dan Pesawat Beroperasi Mulai Besok!

INILAMPUNG
Rabu, 06 Mei 2020

INILAMPUNG.COM - Pemerintah melalui Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mendadak mengeluarkan aturan mengejutkan.

Menhub mengatakan, semua moda transportasi umum seperti bus, angkot, pesawat, kereta api dan kapal feri boleh beroperasi mulai besok, 7 Mei 2020.

Menurut Budi, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) ditugaskan untuk menjabarkan Permenhub Nomor 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Mudik Idul Fitri Tahun 1441 Hijriah dan Surat Edaran dari Menko Perekonomian.

Inti dari penjabaran Permenhub dan Surat Edaran Menko Perekonomian itu adalah memberikan kelonggaran untuk moda transportasi kembali beroperasi.

Kebijakan ini dimaksudkan agar perekonomian nasional tetap berjalan.

"Dimungkinkan semua angkutan udara, kereta api, laut, bus untuk kembali beroperasi dengan catatan satu, harus menaati protokol kesehatan," kata Budi dalam rapat kerja dengan Komisi V secara virtual, (6/5/2020).

"Rencananya operasinya mulai besok, pesawat dan segala macamnya dengan orang-orang khusus, tapi enggak ada mudik," tambah Budi.

Budi mengatakan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan menyampaikan kriteria penumpang yang diperbolehkan untuk menggunakan moda transportasi tersebut selama larangan mudik.(oto/inilampung)

LIPSUS