Cari Berita

Breaking News

Gubernur Lampung Minta Warga Salat Id di Rumah Saja

INILAMPUNG
Minggu, 24 Mei 2020

Gubernur Lampunh Arinal Djunaidi, Danrem 043/Gatam Brigjen TNI Toto Jumariono, Kapolda Lampung Irjen Pol Purwadi Arianto dan unsur Forkopimda. (Ist)

INILAMPUNG.COM, Bandarlampung - Gubernur Lampung sekaligus Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Lampung Arinal Djunaidi mengingatkan kepada masyarakat untuk melaksanakan salat idulfitri di rumah masing-masing. Apabila ada yang mengelar salat secara berkerumun di masjid atau di lapangan maka bersiap akan dibubarkan.

"Yang jelas, saya ingin tidak ada salat id di masjid atau di lapangan secara berjemaah. Kalau ada yang menjalankanya maka akan kita bubarkan. Sholat id di rumah masing-masing," kata Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi di sela patroli malam takbiran, Sabtu, 23 Mei 2020.

Ia mengatakan bahwa meluruskan dan merapatkan shaf pada saat salat berjamaah merupakan kesempurnaan salat. Sementara saat ini demi memutus rantai penyebaran Covid-19 masyarakat diimbau untuk menjaga jarak. Oleh sebab itu ia mengajak umat muslim untuk salat berjamaah di rumah bersama keluarga. 

"Berdasarkan maklumat kapolri, imbauan dan atuaran pemerintah, fatwa serta maklumat dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), arahan Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah agar pelaksanaan salat idulfitri dilaksanakan di rumah saja," kata Arinal.

Sementara itu Kapolda Lampung Irjen Pol Purwadi Arianto mengingatkan masyarakat untuk tetap taat mengikuti maklumat kapolri, himbauan dan atuaran pemerintah serta fatwa serta maklumat dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Di tengah pandemi Covid-19 ini ia mengajak semua pihak untuk sama-sama taat dan disiplin melawan pandemi tersebut. Ada 4.230 personil POLRI dan 360 TNI yang kita turunkan untuk terus melakukan pengawasan dan langkah-langkah protap kesehatan.

"Yang terpenting adalah harus terus mengikuti protokol kesehatan harus dilakukan," katanya.(lamp/inilampung)

LIPSUS