Tekan Lonjakan Harga, Pesibar Gelar Operasi Pasar
Cari Berita

Breaking News

banner atas

Tekan Lonjakan Harga, Pesibar Gelar Operasi Pasar

INILAMPUNG
Kamis, 14 Mei 2020

Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal. Foto. Ina/inilampung.com.

INILAMPUNG.COM - Mengantisipasi lonjakan harga kebutuhan pokok menjelang Idul Fitri, Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat menyelenggarakan operasi pasar, Kamis 14 Mei 2020.

Bupati Pesisir Barat (Pesibar) Agus Istiqlal mengatakan setiap menjelang lebaran, harga bahan kebutuhan pokok meningkat. Bahkan sampai beberapa kali lipat dari harga sebelumnya.

Kondisi yang selalu terjadi setiap tahun itu, menurut Agus, sebenarnya peristiwa wajar jika dilihat dari sisi peningkatan permintaan. Dengan sendirinya, harga bahan pokok meningkat.

Namun yang terjadi pada saat ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Berkurangnya pasokan bahan pokok di pasar disebabkan adanya pandemi Covid-19. "Hal ini tidak hanya di Pesisir Barat, tetapi juga terjadi di banyak daerah di Indonesia," katanya.

Melihat kondisi tersebut, pemerintah melakukan operasi pasar untuk meredam lonjakan harga. Seperti gula pasir, yang sebelumnya harganya sekitar Rp18 ribu hingga Rp20 ribu per kg, kini menjadi Rp12.500 per kg.

"Saya berharap operasi pasar gula pasir ini tepat sasaran, sehingga manfaatnya dirasakan masyarakat," harap Agus. (ina/inilampung.com).

LIPSUS