1 Pengunjung Positif Corona, 43 Kafe dan Lapo Tuak Ditutup
Cari Berita

Breaking News

banner atas

1 Pengunjung Positif Corona, 43 Kafe dan Lapo Tuak Ditutup

INILAMPUNG
Selasa, 23 Juni 2020

INILAMPUNG.COM, Bandarlampung - Sebanyak 43 kafe dan lapo tuak di sepanjang Jalan Bypass, Bandarlampung, ditutup sementara. Penutupan puluhan tempat hiburan dan kongko itu lantaran satu orang pengunjung lapo tuak terkonfirmasi positif virus corona.

Kepala Badan Satuan Polisi Pamong Praja (Banpol PP) Kota Bandar Lampung Suhardi Syamsi mengatakan, penutupan tempat hiburan itu untuk meminimalisasi penyebaran virus corona.

“Ada instruksi dari wali kota, setelah ada (pasien) yang positif corona di salah satu lapo tuak di Kecamatan Panjang. Jadi ditutup sementara, jangan sampai ada yang bertambah,” kata Suhardi saat dihubungi, Senin (22/6/2020) siang.

Penutupan tempat hiburan tersebut dimulai dengan menyisir daerah sepanjang Jalan Bypass, khususnya wilayah perbatasan mulai dari Kecamatan Panjang hingga Kecamatan Rajabasa pada Minggu (21/6/2020) malam.

Suhardi mengatakan, dari penyisiran tersebut, ditemukan 43 tempat hiburan, yakni lapo tuak, kafe, dan karaoke yang tidak menerapkan protokol kesehatan.

Menurut Suhardi, protokol kesehatan yang harus diterapkan adalah tersedianya tempat cuci tangan, pengecekan suhu tubuh, pengunjung dan pengelola menggunakan masker, serta menjaga jarak.

“Karena juga tidak menerapkan protokol kesehatan, sanksi yang diberikan adalah penutupan sementara,” kata Suhardi.

Suhardi menambahkan, pihaknya akan terus mengawasi lokasi-lokasi yang sudah ditandai tersebut.

“Jika ternyata masih buka, pemilik atau pengelola akan diproses sesuai ketentuan,” kata Suhardi.

Sejauh ini, hingga 20 Juni 2020, jumlah kasus positif virus corona di Kota Bandar Lampung mencapai 89 orang.

Rinciannya, pasien meninggal sebanyak tujuh orang, 30 orang masih menjalani perawatan dan isolasi, serta 52 orang dinyatakan sembuh.(komp/inilampung)

LIPSUS