Abdullah Fadri Nyatakan Mundur dari PAN
Cari Berita

Breaking News

banner atas

Abdullah Fadri Nyatakan Mundur dari PAN

INILAMPUNG
Sabtu, 13 Juni 2020


Abdullah Fadri Auli (dok/inilampung)

INILAMPUNGCOM - Partai Amanat Nasional (PAN) Lampung panas, menjelang pergantian pengurus atau Musyawarah Wilayah (Muswil).

Salah satu tokohnya, Abdullah Fadri Auli menyatakan mundur dari partai berlambang matahari warna biru itu karena garis politik yang berlangsung diinternal dia anggap telah menyimpang dari nilai demokratisasi dan perjuangan reformasi.

Padahal, di partai yang pernah melambungkan namanya 3 periode duduk sebagai anggota DPRD Provinsi Lampung, dia salah satu deklarator PAN di tahun 1998.

Abdullah Fadri mengaku sedih, dan menyatakan mundur setelah melihat dinamika politik paska Kongres PAN Kendari.

 "Saya sedih dan prihatin, setelah kongres PAN di Kendari. Dinamika politik-demokrasi sudah tidak sehat, sehingga saya memutuskan tidak lagi mau bergabung dengan PAN," kata Abdullah Fadri Auli, dalam percakapan telepon dengan inilampung, Sabtu (13/6/2020).

Alasan lain, kenapa ia mundur, lebih karena tokoh Amien Rais. "Panutan saya adalah Prof. DR. Amien Rais, maka setelah Pak Amien Rais disingkirkan dari PAN, maka saya pun ikut dengan keputusan beliau, untuk hijrah dari PAN."

Bagi Aab, demikian panggilan akrab pria yang selalu tampal necis itu --- pengabdianya selama 15 tahun di PAN telah cukup.

Dia mengaku, ikut mendirikan PAN Lampung (1998). Pernah jadi ketua DPW PAN Lampung tahun 2005.

Pada tahun itu (2005-2010), masih kata Aab,  menjadi masa kejayaan PAN, dimana proses pemilihan ketua berlangsung secara demokratis.

Mekanisnya adil, dimana semua struktur dari ranting (pimpinan tingkat Desa/Kampung) memiliki hak suara. "Jadi demokratisasi berlangsung sangat baik, sesuai AD/ART PAN," ujar ketua PBSI, olahraga Bulutangkis Lampung itu.

Karirnya di PAN, dia lalui dari bawah. Bukan ujug-ujud, baru masuk kemudian langsung ditunjuk pegang jabatan penting. Dari wakil sekertaris, wakil ketua.

Demokratisasi sudah tidak berjalan ditubuh PAN. "Terus untuk apalagi. Mau jadi ketua DPW PAN lagi, itu sesuatu yang ngak mungkin. " ia menegaskan. (ron/inilampung)


Karir Politik Abdullah Fadri Auli di PAN
1998-2005 wakil Sekretaris 1 bidang OKK.
2005-2010 Ketua DPW PAN Lampung.
2010-2015 Ketua Departemen Hub. Antar Lembaga DPP PAN.
2004-2019 Anggota DPRD Provinsi Lampung

LIPSUS