Golkar Pintar, Kiat Sukses masuk PTN Dimusim Corona
Cari Berita

Breaking News

banner atas

Golkar Pintar, Kiat Sukses masuk PTN Dimusim Corona

INILAMPUNG
Minggu, 07 Juni 2020

INILAMPUNG.COM, Jakarta. Dimusim pandemi covid-19, Partai Golkar berikan kontribusi bagi dunia pendidikan yang hari ini menuntut siswa belajar dari rumah.

Golkar Pintar, adalah sebuah layanan yang dikelola Bidang Pendidikan dan Kebudayaan Korbid Kesra DPP Partai Golkar, partai berlambang beringin itu memberikan informasi virtual bagi siswa selama pandemi.

“Golkar Pintar merupakan pusat informasi dan tanya jawab virtual seputar pendidikan di masa pandemik Covid-19,” ungkap Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Hetifah Sjaifudian, kepada wartawan, Ahad 7 Juni 2020.

Hetifah menjelaskan bahwa melalui Golkar Pintar, masyarakat diharapkan mendapatkan informasi yang diperlukan pendidik, peserta didik, dan orang tua dalam kegiatan belajar agar kualitas pendidikan tetap terjaga selama belajar dari rumah.

Kata dia, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto meyakini program tersebut dapat merespons keinginan para siswa untuk belajar lebih baik. 

Hal ini terutama menjelang pendaftaran masuk perguruan tinggi. Seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia terdapat dua jalur, yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri(SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri(SBMPTN).

Untuk SNMPTN tahun 2020 sendiri dari proses pendaftaran, seleksi dan pengumuman telah berhasil diselenggarakan oleh pemerintah dengan lancar. Sedangkan untuk SBMPTN tahun 2020 merupakan SBMPTN tahun kedua dengan pelaksanaan seleksinya menggunakan Ujian Tertulis Berbasis Komputer(UTBK).

Langkah pendaftaran dan pelaksanaan UTBK-SBMPTN perlu dipahami oleh para siswa lulusan SMA/ SMK sederajat yang ingin mengikuti seleksi tersebut. Kata Hetifah, dengan menggunakan layanan Golkar Pintar, maka siswa dapat bertanya seputar alur pendaftaran menuju perguruan tinggi favorit.

“Golkar Pintar berupaya untuk memberikan informasi yang terbaik untuk para calon mahasiswa yang ingin mendaftar UTBK-SBMPTN,” pungkasnya.

Layanan Golkar Pintar dapat diakses pada laman Instagram @GolkarPintar_Official atau melalui layanan WhatsApp di nomor 081313363636

Alur Pendaftaran UTBK :
1. Peserta mendaftar UTBK melalui laman https://laman.ltmpt.ac.id
2. Peserta memilih pusat UTBK di kota masing-masing
3. Peserta melakukan pembayaran melalui bank mitra (Jika peserta memiliki nomor pendaftaran KIP Kuliah dan ada flag bebas bayar UTBK, maka akan langsung mendapat nomor peserta) 
4. Peserta mendapatkan nomor peserta

Alur Pendaftaran SBMPTN :
1. Setelah mendaftar UTBK, peserta dapat mendaftar SBMPTN
2. Peserta memilih program Studi 
3. Peserta mengupload portofolio (apabila disyaratkan oleh program studi). 
4. Peserta melakukan konfirmasi dan simpan permanen. 
5. Setelah simpan permanen, peserta dapat mengundih kartu tanda peserta UTBK- SBMPTN.(rls/inilampung)

LIPSUS