Ismet Soal Pencalonan Rycko Menoza: Ini 'Barang Jadi' Tinggal Dipoles
Cari Berita

Breaking News

banner atas

Ismet Soal Pencalonan Rycko Menoza: Ini 'Barang Jadi' Tinggal Dipoles

INILAMPUNG
Sabtu, 27 Juni 2020


Rycko Menoza (ist/inilampung.com)

INILAMPUNGCOM - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi kabarnya telah merestui Rycko Menoza SZP untuk maju menjadi calon Walikota Bandarlampung pada Pilkada 2020.

Dalam berbagai kesempatan, Arinal Djunaidi mengatakan, mendukung full langkah politik Rycko Menoza, putra Dubes RI di Croacia itu. Arinal yang juga ketua Golkar itu juga menyebut, Golkar akan mendukung kadernya sendiri di Pilkada Bandar Lampung.

Selain sebagai kader Partai Golkar, Rycko dianggap sosok yang layak untuk menandingi calon lain yang kini muncul, Eva Dwiana (istri walikota Herman HN), Jendral Pol. (Purn) Ike Edwin (mantan Kapolda Lampung), Yusuf Kohar (wakil walikota saat ini), dan Firmansyah Alfian (Rektor IBI Darmajaya).

Untuk menjadi seorang wali kota, dibutuhkan dukungan materi yang mencukupi karena biaya politik memang sangat tinggi. "Dan Rycko Menoza memenuhi kriteria yang ada," katanya.


Barang Jadi
Tak hanya Arinal Djunaidi yang optimis Rycko Menoza adalah kekuatan baru di Pilkada Bandar Lampung. langkah politik pria yang hobi balap mobil itu, menjadi fenomena "petarungan politik" antar "gajah".

Sekertaris Golkar, Ismet Roni menyebut Rycko Menoza merupakan "barang jadi" tinggal dipoles-poles dikit, turun dan mendengar harapan warga, jadi walikota," kata Ismet Roni, Sabtu (27/6).

Sosoknya jelas, pernah bupati Lampung Selatan, dan memimpin sejumlah organisasi sosial dan kepemudaan seperti , Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Lampung, Ketua KNPI Lampung, Lampung Sai dan Pemuda Pancasila.

 Rycko Menoza memiliki garis keturunan seorang pemimpin dari kakeknya Zainal Abidin Pagaralam yang pernah menjadi wali kota , dan bupati di seluruh Kabupaten di Lampung kecuali Kota Metro.

Rycko Menoza, diacara APGM Provinsi Lampung (inilampungcom)
Ayahnya  Komjen Pol (Purn) Sjachroedin ZP menjabat Gubernur Lampung selama dua periode yang saat ini bertugas sebagai Duta Besar Indonesia untuk Kroasia.

“Jadi nih barang, semua kader Golkar harus mendukung karena memang Rycko sangat layak dan memiliki “trah” pemimpin yang jelas,” kata Ismet mengulang.

Patuh Aturan Partai
Apa komentar Rycko Menoza, putra Dubes RI ini. "Sebagai kader partai tentunya saya akan tunduk pada aturan dan keputusan partai,” kata Rycko, di Bandarlampung, Sabtu (27/6).

Ia mengatakan, dukungan langsung oleh Ketua DPD I Partai Golkar Arinal Djunaidi sekaligus Gubernur Lampung terpilih itu merupakan sebuah pertanda baik untuk kemajuan Kota Bandarlampung karena dapat bersinergi dengan baik dalam pembangunan.

Ia menjelaskan, jika walikota didukung penuh oleh Gubernur Lampung tentu semua program bangunan pasti akan berjalan sesuai harapan masyarakat karena pemerintah provinsi dan kota bersinergi dengan baik untuk kemajuan Kota Bandarlampung.

Dia sudah punya pengalaman memimpin masyarakat di kabupaten Lampung Selatan. Masyarakat bisa menilai bagaimana kemajuan pembangunan Lampung Selatan pada masa kepemimpinannya dan itu menjadi tolok ukur bagaimana kemampuannya.

Bagi Rycko, permasalahan di Bandarlampung seperti macet, sampah, banjir yang tentu memerlukan bantuan semua pihak terutama pemangku kebijakan dan anggaran baik dari pemerintah kota maupun provinsi.

Jika gubernur dengan bupati atau walikota sinergi, kata Rycko, akan berimbas positif kepada masyarakat karena usulan pembangunan akan mudah terpecahkan tetapi sebaliknya jika berjalan sendiri-sendiri yang paling dirugikan masyarakat.

“Kemajuan kabupaten atau kota tentu akan mendorong kemajuan Provinsi Lampung, karena saya pernah merasakan bagaimana waktu dulu menjadi bupati dengan dukungan penuh dari Pak Gubernur saat itu,” ujar putra Sjachroedin ZP, Dubes RI untuk Croacia itu.

Dalam berbagai kesempatan, Arinal Djunaidi mengatakan, dukung langkah politik Rycko Menoza. Selain sebagai kader Partai Golkar, kata Arinal menilai bahwa Rycko dianggap sosok yang layak untuk memimpin Kota Bandarlampung pada periode selanjutnya.


Siapa Rycko Menoza

H. Rycko Menoza SZP, SE, SH, MBA.
Mantan Bupati Lampung Selatan
Lahir: Jakarta, 30 Agustus 1971.
Istri : Hj. Pitka Menoza, BA, BSC, MBA.

Ayah : Komisaris Jenderal Pol ( Purn ) Drs. H. Sjachroedin ZP, SH.
Ibu : Hj. Truly Triwulandari.

Sekolah
TK Iskandaria, Jakarta Selatan (1975 ), SD Islam Al Azhar, Sisingamangaraja, Jakarta Selatan (1976 ), SMP Xaverius Pahoman, Bandar Lampung (1983 ), SMA Negeri 5, Bandung (1986), Akademi Kepolisian, Semarang (1989), Universitas Parahyangan, Sarjana Ekonomi Pembangunan, Bandung (1991), Oklahoma City University, Master Business Administration in Marketing, Oklahoma, USA (1996), Universitas Palembang, Sarjana Hukum, Palembang (2002).

Organisasi
Ketua PELTI Lampung (2014- 2019), Wakil ketua KONI Lampung (2009 – 2014 ), Wakil Ketua Kwarda Pramuka Lampung (2008 – 2010) Lampung, Wakil Ketua DPD PG Lampung (2018-2020). Ketua IMI Lampung (2009-2017), Ketua Pemuda Pancasila Lampung (2006- sekarang). Ketua Harian Lampung Sai (2006 – sekarang). Plt Ketua MPAL (2017-2020), Ketua Umum FOKMAL (2018-2023), Penasehat Pujakesuma (2019 – sekarang).



" (ron/inilampungcom)

LIPSUS