Ki Gendeng Pamungkas Meninggal Setelah 3 Tahun Tobat
Cari Berita

Breaking News

banner atas

Ki Gendeng Pamungkas Meninggal Setelah 3 Tahun Tobat

INILAMPUNG
Minggu, 07 Juni 2020

INILAMPUNG.COM, Depok - Mas Iman Santoso bin Sardiman alias Ki Gendeng Pamungkas (KGP) meninggal dunia. Dia dimakamkam di samping makam orangtuanya di Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat.

Ki Gendeng Pamungkas salah satu paranormal yang terkenal dengan santetnya. Dia meninggal dunia di RS Mulia, Bogor, pukul 15.15 WIB.

Dia dimakamkan secara Islam setelah tobat tahun 2017. Tiga tahun lalu itu, di tahanan Polda Metro Jaya, Ki Gendeng Pamungkas membaca syahadat kembali setelah bertemu dengan Al Khaththath.

“KI Gendeng mengaku terkesan dan sulit tidur mendengar bacaan Alquran. Padahal waktu itu Ki Gendeng minum pil tidur dosis tinggi,” kata Al Khaththath, sekjen Forum Umat Islam.

Ki Gendeng kemudian menemuinya dan minta disyahadatkan ulang olehnya. Sejak itu, KI Gendeng minta dibimbing kembali agamanya dan sejak itu rajin salat lima waktu berjamaah.
Ki Gendeng Pamungkas dikenal sebagai paranormal top di negeri ini. Tingkahnya suka aneh-aneh dan mengaku lalai menjalankan kewajibannya sebagai muslim.

Ki Gendeng dikenal mendalami ilmu hitam pada 59 guru di 16 provinsi di Indonesia. Bukan, dia pernah belajar ilmu hitam voodoo hingga ke Afrika.

Sejak 1978, karirnya meningkat pesat dan menjadi orang terkenal dan banyak yang datang ngorder membunuh atau mencelakakan orang.

Kepergian sosok paranormal gaul tersebut, bukan hanya dirasakan oleh anggota keluarga dan kerabat terdekat, tapi juga kaum marginal.

Di mata mereka, Ki Gendeng yang sempat maju dalam bursa pencalonan Pemilihan Wali Kota Bogor 2014 itu merupakan sosok dermawan dan pembela masyarakat miskin.

Almarhum sempat menjalani perawatan di ruang ICU RS Mulia Bogor sejak, Rabu, 3 Juni 2020. Dia mengalami komplikasi penyakit diabetes dan jantung.
Semoga khusnul khotimah, amin.(rmol/inilampung)

LIPSUS