Mantan KSAD Pramono Edhie Wibowo Meninggal Dunia
Cari Berita

Breaking News

banner atas

Mantan KSAD Pramono Edhie Wibowo Meninggal Dunia

INILAMPUNG
Sabtu, 13 Juni 2020

INILAMPUNG.COM - Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Purnawirawan Pramono Edhie Wibowo meninggal dunia di RS Cimacan, Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Sabtu (13/6/2020).

Adik ipar Presiden ke-16 Susilo Bambang Yudhyono (SBY) itu meninggal dunia karena serangan jantung.

“Innalillahi wainailaihi rojiun, telah berpulang malam ini Jenderal TNI (Purn) Pramono Edhie Wibowo di RS Cimacan. Informasi selanjutnya akan disampaikan kemudian,” kata Wakil Sekjen Partai Demokrat, Imelda Sari.

Pramono Edhie merupakan adik kandung almarhumah Ani Yudhoyono. Ia lahir di Magelang, Jawa Tengah, Indonesia, 5 Mei 1955.

Pramono Edhie dilantik menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) berdasarkan Surat Keputusan Presiden nomor: 40/TNI/2011. Ia menggantikan Jenderal TNI George Toisutta.

Ketika itu, pengangkatannya sebagai KSAD menuai protes dari berbagai kalangan seperti KontraS yang menganggap bahwa terdapat unsur nepotisme karena Pramono Edhie merupakan ipar dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sendiri.

Sebelumnya, Pramono pernah menjabat sebagai Panglima Kostrad dan pada tahun 2009 juga pernah menjabat sebagai Pangdam III Siliwangi. Ayahnya, Letjen TNI (Purn) Sarwo Edhie Wibowo, juga merupakan mantan Komandan RPKAD yang turut andil dalam penumpasan pemberontakan G 30 S/PKI.

Pada Mei 2013, karena ia telah memasuki masa pensiun, posisinya sebagai KSAD digantikan oleh Letjen TNI Moeldoko.(net/inilampung)

LIPSUS