Pemprov Lampung Gelar Rapid Test Massal Di Empat Daerah
Cari Berita

Breaking News

banner atas

Pemprov Lampung Gelar Rapid Test Massal Di Empat Daerah

INILAMPUNG
Rabu, 10 Juni 2020

INILAMPUNG.COM, Bandarlampung - Pemerintah Provinsi Lampung akan menggelar rapid test massal di empat daerah di Provinsi Lampung. Rapid test massal tersebut, untuk mencegah terjadinya klaster baru dalam penyebaran virus corona di Lampung.

Kepala Dinas Kesehatan Lampung dr Reihana mengatakan, rencana rapid test massal tersebut akan digelar di empat daerah di Lampung. Yakni, Kota Bandarlampung, Kabupaten Lampung Selatan, Kabupaten Pesawaran, dan Kabupaten Lampung Tengah. 

“Empat daerah itu memiliki jumlah penduduk yang banyak di Lampung,” katanya, Rabu 10 Juni 2020.

Reihana yang juga juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Lampung menyatakan, rapid test massal berfokus pada tempat yang strategis penularan dan penyebaran virus corona. Diantaranya, pasar tradisional dan terminal. Kedua tempat tersebut, dikhawatirkan menjadi klaster kasus baru di Lampung.

Saat ini, Pemprov Lampung masih menunggu data empat daerah terkait dengan jumlah orang sampel yang akan mendapatkan pemeriksaan cepat tersebut. Hal tersebut terkait dengan penyebaran virus corona di empat daerah yang saat ini jumlah kasus Covid-19 cenderung meningkat.

Pemprov sedang menyiapkan logistik pemeriksaan rapid test, dan juga menunggu data dari empat daerah tersebut, agar pelaksanaannya nanti berjalan lancar dan aman. 

“Maunya minggu depan sudah terlaksana,” kata Reihana.

Saat ini, berdasarkan data Dinkes Provinsi pada Rabu (10/6), jumlah ODP mencapai 3.275 orang, masih dipantau 66 orang, selesai dipantau 3.201 orang, dan ODP meninggal dunia 8 orang. 

Jumlah PDP 131 orang, masih dirawat/diisolasi 16 orang, sembuh 90 orang, dan PDP meninggal dunia 25 orang.
Sedangkan jumlah pasien positif Covid-19 sebanyak 150 orang, masih dirawat 31 orang, dan meninggal dunia 11 orang. 

Reihana juga menambahkan, ada penambahan dua orang pasien positif yang sembuh sehingga menjadi 108 orang.(rep/inilampung)

LIPSUS