Cari Berita

Breaking News

Sejumlah Umat Islam Bandarlampung Salat Gerhana Matahari

INILAMPUNG
Minggu, 21 Juni 2020

Salat khusuf atau salat gerhana matahari di sejumlah masjid di Bandarlampung. Foto. Ist.
INILAMPUNG, Bandarlampung--Dewan Dakwan Lampung bekerjasama dengan sejumlah pengurus masjid di Bandarlampung melaksanakan salat khusuf atau salat gerhana matahari pada Ahad 21 Juni 2020 siang.

Ibadah yang dimulai sekitar pukul 15.00 Wib itu berlangsung antara lain di Masjid Alamul Huda dan Masjid Al Hikmah --keduanya di Jalan Pagar Alam atau Gang PU, Masjid Baitul Makmur di Jl Purnawirawan 7 Rajabasa, dan di Musala Istiqomah Wayhalim.

Seluruh masjid yang menggelar salat berjamaah saat terjadi gerhana matahari itu dipenuhi umat Islam. Jemaah mengikuti protokol kesehatan dengan mengenakan masker dan menjaga jarak saat beribadah.

Ustadz Saiful Umar Al Hafidz, khotib Dewan Dakwah Lampung yang memimpin salat khusuf di Masjid Alamul Huda, menyampaikan sejumlah ibadah yang dianjurkan untuk dilakukan umat Islam saat terjadi gerhana matahari.

Selain melaksanakan salat khusuf, kata dia, saat terjadi gerhana matahari atau gerhana bulan, umat Islam dianjurkan memperbanyak mengucapkan takbir dan bersedekah.

Gerhana matahari merupakan peristiwa alam. Saat posisi bulan berada di antara bumi dan matahari sehingga terlihat menutup sebagian atau seluruh cahaya matahari. Jadi, gerhana bulan maupun gerhana matahari tidak ada kaitannya dengan kematian atau kelahiran seseorang. (mfn/rls/inilampung.com).

LIPSUS