Firmansyah Mundur dari Pilkada Bandarlampung
Cari Berita

Breaking News

banner atas

Firmansyah Mundur dari Pilkada Bandarlampung

INILAMPUNG
Selasa, 28 Juli 2020

INILAMPUNG.COM, Bandarlampung - Bakal pasangan calon (Bapaslon) Perseorangan Firmansyah Y Alfian-Bustomi Rosadi menyatakan undur diri dari pilkada Bandarlampung 2020, usai menerima hasil penghitungan data perbaikan dukungan yang dinyatakan masih kurang.

“Ini merupakan hasil terbaik. Ini ketetapan Allah. Saya menerima. Setelah ada pemberitahuan itu, saya diskusi dengan tim, dan akhirnya saya menerima keputusan untuk tidak lanjut,” kata Firmansyah pada Senin 27 Juli 2020.

Rektor IBI Darmajaya itu juga mengaku bahwa keputusannya sudah final.

“Memang tadi diberikan waktu sampai nanti malam. Memang bisa saja kalau mengumpulkan sembarang. Tapi saya kan tidak seperti itu. Karena memang kami juga tidak lagi memiliki cadangan dukungan. Yah, mungkin saya memang belum layak menjadi kandidat calon wali kota,” kata dia

Sebelumnya, KPU Bandarlampung telah melakukan verifikasi faktual sebanyak 47.552 dukungan bapaslon tersebut pada 24 Juni - 12 Juli 2020. Kemudian, dukungan Firmansyah yang dianggap Tidak Memenuhi Syarat (TMS) 26.605 dukungan.
Kemudian KPU membuka data perbaikan dukungan, dan jumlahnya harus dua kali lipat dari jumlah yang TS saat verifikasi faktual. Yakni 53.210 dukungan.

“Pasangan ini masih kurang 6.692 dukungan. Saat dihitung, ada dukungan yang tidak disertakan dokumen dukungan. Pernyataan dukungan perbaikan dari pendukung tidak ada,” kata komisoner KPU Kota Bandarlampung Ferry Triatmojo kepada inilampung.com.

Dalam perhitungan dukungan perbaikan tersebut  Firmansyah menyerahkan dukungan perbaikan sebanyak 55.555 dukungan. Namun, dalam hasil verifikasi berkas, hanya 46.518 dukungan yang dianggap sah karena kelengkapan dokumen

Meskipun KPU masih memberikan waktu sampai pukul 23.59 pada Senin 27 Juli 2020 untuk perbaikan berkas dukungan, namun menurut Ferry pihaknya sudah menerima hasil tersebut dan tidak meneruskan perbaikan.

“Tapi  mereka menyatakan menerima hasil ini,” kata dia.(zal/inilampung)

LIPSUS