PTPN VII Gelar Wisata Gowes Keliling Perkebunan Karet
Cari Berita

Breaking News

banner atas

PTPN VII Gelar Wisata Gowes Keliling Perkebunan Karet

INILAMPUNG
Senin, 13 Juli 2020

PTPN VII Unit Wayberulu mengadakan Wisata Gowes yang diikuti 150 pesepda. Foto. Ist.
INILAMPUNG, Pesawaran--“Ting... ting... ting... ting...”, suara bel sepeda bersahutan saat ratusan sepeda di lepas dari garis start. Tak berselang lama, sekitar seratus lima puluh pengendara sepeda gunung itu masuk ke area perkebunan karet yang baru saja diguyur hujan pada malam harinya. 

Sesekali terdengar derit rem dan kecipak tanah bercampur air.  Tawa riang terdengar saat sebagian peserta menyaksikan peserta lain bergiliran mengayuh sepeda melintasi sungai kecil.  
Sorak sorai pun pecah ketika teman mereka berhasil melintasi sungai berbatu dengan mulus atau gelak tawa ketika ada yang terhenti ditengah sungai dan terpaksa menuntun sepedanya. 
Itulah seklias kegiatan “Wisata Gowes” yang digelar oleh PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VII Unit Wayberulu, Kabupaten Pesawaran, Sabtu (11-7-2020).   
Kegiatan olah raga bersepeda itu dibuka oleh Manajer PTPN VII Unit Wayberulu, Sugeng Budi Prasongko.  Dalam sambutannya, Sugeng menyampaikan bahwa “Wisata Gowes” itu merupakan bentuk kepedulian perusahaan dalam memfasilitasi para penggemar olah raga bersepeda sekaligus memperkenalkan alam perkebunan dan pedesaan di sekitar Unit Wayberulu.  
“Di sekitar Unit Wayberulu terdapat banyak potensi wisata alam yang bila dikelola dengan baik akan dapat menjadi nilai tambah bagi masyarakat sekitar”, tambahnya.  
Ke depan, menurutnya, perlu di rancang agenda kegiatan yang lebih santai, di mana para pesepeda dapat menikmati wisata alam sekaligus hidangan kuliner dari warung-warung milik masyarakat maupun souvenir khas pesawaran yang tentu akan memberikan sumbangsih bagi perekonomian masyarakat sekitar.
Sementara itu, Ketua Komite Sepeda Indonesia (KSI) Pesawaran, Heksus, yang juga merupakan Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Pesawaran, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada PTPN VII Unit Wayberulu yang telah memfasilitasi ajang kegiatan bagi para penggemar olah raga bersepeda.  
Heksus juga berharap ke depan PTPN VII Unit Wayberulu dapat lebih berperan aktif dalam turut serta memajukan olah raga bersepeda, khususnya di Kabupaten Pesawaran.
Selain dihadiri Ketua KSI Pesawaran, kegiatan itu juga dihadiri oleh beberapa tokoh antara lain Aria Guna (Anggota DPRD Pesawaran), AKP Sukoco (Kasat Intel Polres Pesawaran) dan Fabian Jaya (Kades Tamansari).  
Pemberangkatan peserta dilakukan dalam tiga kali start sejak pukul 08.06 WIB.  Sekitar dua setengah jam, seluruh peserta sudah sampai ke garis finish dilanjutkan hiburan dan pembagian doorprize dari Sponsor.
Kegiatan yang melibatkan seratus lima puluhan peserta itu melibatkan beberapa Club Sepeda di Kabupaten Pesawaran yaitu : Gojes, Gopak, Ngos-ngosan, Punbers dan Club Sepeda Polres Pesawaran.   Sementara itu, N7 Bike Club yang merupakan club sepeda karyawan PTPN VII, menurukan lima puluhan anggota baik dari Kantor Direksi maupun Unit Wayberulu.  Bahkan, di antara peserta ada beberapa peserta anak dan remaja yang merupakan keluarga dair Karyawan PTPN VII.
Agus Saepul Bahri (Asisten Keuangan dan Akuntansi) serta Ervan Kurniawan (Asisten SDM dan Umum) PTPN VII Unit Wayberulu, mewakili Koordinator Kegiatan Amin Khairi (Asisten Kepala Tanaman), menyatakan bahwa awalnya kegiatan ini bermula dari diskusi dengan perwakilan N7 Bike Club Kantor Direksi, untuk lebih mengenalkan alam perkebunan dan mendekatkan diri dengan pekerja di Lapangan.  
“Kegiatan ini awalnya untuk internal PTPN VII guna meningkatkan semangat dan kebersamaan teman-teman yang bertugas di Kantor atau Pabrik dengan teman-teman di kebun.  Namun, dalam diskusi panitia akhirnya berkembang dengan melibatkan stakeholder untuk memberikan kemanfaatan yang lebih besar”, kata Agus.  
Sementara itu, perwakilan N7 Bike Club Kantor Direksi, Sasmika Dwi Suryanto yang juga merupakan Change Booster dari Tim Sosialisasi Corporate Values di Kantor Direksi menyampaikan bahwa secara tidak langsung acara ini juga merupakan sosialisasi terhadap Corporate Values PTPN Group.  
Salah satu bentuknya adalah penggunaan warna jersey dari anggota N7 Bike Club yang menggunakan warna mendekati Corporate Colour dari PTPN Group.  Di samping itu juga peserta khususnya dari PTPN VII diingatkan dengan spanduk yang menggambarkan corporate values PTPN Group yaitu SIPro (Sinergi-Integritas-Profesional). (mfn/rls/inilampung.com).

LIPSUS