Tradisi Bekurban Masjid Daruttawwabin Way Kandis Bandarlampung
Cari Berita

Breaking News

banner atas

Tradisi Bekurban Masjid Daruttawwabin Way Kandis Bandarlampung

INILAMPUNG
Jumat, 31 Juli 2020

INILAMPUNG.COM, Bandarlampung - Masjid Daruttawwabin RT 09 Way Kandis Bandarlampung setiap Idhul Adha melaksanakan pemotongan sapi dan kambing. Hari raya kurban kali ini (31/7) memotong 5 sapi dan 6 kambing. 

Sapi tersebut berasal dari program arisan kurban warga setiap tahun. Sedangkan 6 ekor kambing berasal dari warga atau jamaah sekitar masjid.

Sebelum pemotongan kurban, dilaksanakan saolat Ied dengan khotib dan Imam Ustadz Maksum LC. Ibadah dilaksanakan dengan protokol kesehatan.

Salat renggang dan memakai masker serta pengecekan suhu badan.

Ketua Masjid Daruttawwain Hi Tulus Setiadi yang didampingi wakilnya Slamet mengatakan tradisi di masjid ini mengedepankan kebersamaan, kerukunan tetangga. Semua warga terlibat dalam pemotongan, pengkulitan, pencincangan dan pembersihan jeroan. 

"Tidak ada tukang potong khusus. Semua anggota jamaah dan sebagian besar bisa memotong hewan qurban secara baik dan syar'i. Sehingga, acara pemotongan berlangsung menyenangkan," tuturnya.

Slamet menambahkan, Ibu-ibu RT 09 Way Kandis juga terlibat untuk urusan melayani kopi-teh, kudapan dan lain- lain. 

"Ini menjadi ciri khusus kerukunan tetangga yang hampir hilang di perkotaan. Dalam suasana Covid-19, Masjid juga membentuk Satgas Pencegahan dan Terdampak Covid-19," tutupnya.(*)

LIPSUS