KKP Siapkan Kredit Berbunga Rendah untuk Masyarakat Pesisir dan Kepulauan
Cari Berita

Breaking News

banner atas

KKP Siapkan Kredit Berbunga Rendah untuk Masyarakat Pesisir dan Kepulauan

INILAMPUNG
Senin, 10 Agustus 2020


Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal (kedua dari kanan) pada HUT ke-3 Aspeksindo di Jakarta. Foto. Ist.
INILAMPUNG.COM, Jakarta--Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyiapkan kredit usaha rakyat (KUR) dan kredit badan layanan umum (BLU) berbunga rendah untuk membangun daerah kepulauan dan pesisir. Selain itu, KKP juga menyiapkan biaya sekolah gratis bagi anak nelayan.

Demikian disampaikan Menteri Kelautan dan Perikanan Edi Prabowo pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-3 Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (Aspeksindo) di Ballroom Mina Bahari III KKP, Jakarta, Senin (10-8-2020).

Pada kesempatan itu, Edy meminta peta sektor budidaya di daerah yang belum teretangani atau dieksplorasi, baik budidaya tambak udang, budidaya ikan air payau, sungai dan danau. Dia mengajak Aspeksindo membangun daerah kepulauan dan pesisir menjadi andalan penyerapan pekerjaan sehingga dapat meningkatkan devisa negara.

Sementara Ketua Aspeksindo Abdul Gafur Mas'ud mengatakan sejak dibentuk pada 10 Agustus 2017, Aspeksindo berkomitmen mengawal kemajuan maritim di Indonesia agar kembali berjaya sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang berada di kepulauan dan pesisir.

Pada usia yang ketiga tahun, dia berharap peran Aspeksindo semakin meningkat dalam mampu membantu pemerintah membangun masyarakat di kepulauan dan di pesisir. Aspeksindo akan mengali potensi pesisir beserta peluang investasi yang dapat dioptimalkan.

Perhatian Aspeksindo bukan hanya di bidang ekonomi, namun juga kesehatan dan pendidikan. Karena itu, dia berharap ada kerjasama denan pemerintah pusat dan daerah dalam membangun daerah kepulauan dan pesisir.

Bupati Pesisir Barat  Agus Istiqlal, turut hadir bersama Wakil Ketua MPR Jazirul Pawait, Wakil Ketua DPD Nono Sampono, serta kepala daerah dari seluruh Indonesia. (eva/inilampung.com).

LIPSUS