Rekamannya di Tegal Mas Milik Thomas Rizka, Keilmuan Hadi Pranoto Dipertanyakan
Cari Berita

Breaking News

banner atas

Rekamannya di Tegal Mas Milik Thomas Rizka, Keilmuan Hadi Pranoto Dipertanyakan

INILAMPUNG
Senin, 03 Agustus 2020

INILAMPUNG.COM, Bandarlampung - Nama Hadi Pranoto tengah ramai menjadi perbincangan pasca-pengakuannya yang telah menciptakan herbal antibodi Covid-19.

Pernyataan itu disampaikan melalui video yang diunggah pada kanal YouTube Dunia MANJI yang diunggah pada Jumat, 31 Juli 2020 lalu.

Dalam video tersebut, Hadi Pranoto yang juga disebut sebagai profesor ahli mikrobiologi itu mengaku telah melakukan penelitian virus sejak tahun 2000.

"Riset dari tahun 2000, lama sekali mempelajari tentang virus. Dan dikembangkan terus menerus. Saat covid meletus kita bisa identifikasi jenis dan genetik covid, sehingga cocokan dengan herbal yang kita punya. Kemudian kita urai bahan untuk melawan covid, ternyata efektif dan mampu," kata Hadi dikutip dari kanal YouTube Dunia MANJI. 

Kredibilitas Hadi Pranoto Dipertanyakan
Kekinian, Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia dr. Inggrid Tania, MSi. menyampaikan bahwa nama Hadi Pranoto tidak dikenal di kelompok komunitas ilmiah.

"Pak Hadi Pranoto yang mengaku sebagai profesor di komunitas ilmiah tidak dikenal. Namanya pak Hadi Pranoto yang mengaku profesor mikrobiologi," kata Inggrid dikutip dari suara.com, Minggu (2/8/2020).

Inggris juga menyinggung bagaimana seorang profesor biasanya memiliki hasil penelitian atau jurnal ilmiah.

"Ada riwayat penelitian, riwayat publikasi, kemudian institusi penelitian ilmiahnya apa. Itu sama sekali tidak ada informasi yang bisa didapatkan," tambahnya.

Selain itu, Inggrid menjelaskan bahwa jika memang telah ada penelitian terkait obat penyakit tertentu, maka informasi tersebut harus disebarluaskan melalui jurnal ilmiah agar dipahami publik.

Bukan hanya tentang menghasilkan produk melainkan juga metode yang dipakai untuk pembuatan obat tersebut.

Dihapus Youtube
Kini, Video konten milik Anji Manji yang mengulas soal temuan seorang bernama Hadi Pranoto diketahui telah dihapus oleh YouTube. Video berdurasi sekitar 30 menit tersebut masih dapat diakses.

Video tersebut tak aktif dan terdapat keterangan 'Video ini telah dihapus karena melanggar Pedoman Komunitas YouTube'.

Tegal Mas
Belakangan, diketahui bahwa sesi pengambilan video itu berada di  pulau Tegal Mas. 

Pulau Tegal Mas merupakan sebuah kawasan wisata yang terletak di Pulau Tegal, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran, Lampung. Banyak yang menyebutnya mirip dengan Maladewa, karena eksotisme alam dan penginapan terapung yang ada di sekelilingnya.

Serta pemilik kawasan resort itu adalah Thomas Aziz Riska.(dbs/inilmpung)

LIPSUS