SMPIT Bina Insani Metro Juara V Wajah Bahasa
Cari Berita

Breaking News

banner atas

SMPIT Bina Insani Metro Juara V Wajah Bahasa

bdy
Rabu, 19 Agustus 2020



INILAMPUNG -  SMPIT Bina Insani Kota Metro raih pemenang V Penghargaan Wajah Bahasa tingkat Provinsi Lampung untuk Kategori Lembaga Swasta yang diumumkan Kantor Bahasa Lampung melalui laman Facebooknya, Selasa sore (18/8/2020). 

Penghargaan Wajah bahasa merupakan gambaran atas sikap positif terhadap penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa negara di lingkungan lembaga pemerintah dan swasta. Penghargaan wajah bahasa dimaksudkan untuk melihat ketertiban penggunaan bahasa pada instansi pemerintah maupun swasta dan memberikan penghargaan bagi instansi dengan wajah bahasa terbaik. 
Kantor Bahasa Provinsi Lampung telah menetapkan lima pemenang Penghargaan Wajah Bahasa Lembaga Swasta. 

Dewan juri pada kegiatan ini adalah Dra. Yanti Riswara, M.Hum., Drs. Abdul Gaffar Ruskhan, M.Hum., dan Hidayat Widiyanto, S.S. Lima lembaga swasta yang memperoleh penghargaan seperti yang diumumkan adalah SD IT Permata Bunda 1, Rajabasa Bandarlampung, Universitas Teknokrat Indonesia, SMA Al Kautsar, Bandarlampung, Universitas Bandar Lampung, dan SMP IT Bina Insani, Kota Metro.  

Menurut Intan Caria, Kepala SMPIT Bina Insani, pihak sekolah selalu mengutamakan penggunaan bahasa Indonesia pada ruang publik. Di antaranya papan petunjuk arah, papan nama gedung, hingga papan nama sekolah. Informasi pada papan tersebut tertulis dengan bahasa Indonesia sesuai ejaan yang disempurnakan. 

“Saya bangga, meskipun memperoleh Pemenang V tapi setidaknya ini adalah motivasi bagi kami untuk terus berbenah. Saya juga mengapresiasi program yang dilaksanakan oleh Kantori Bahasa Lampung. Di tengah kondisi bahasa asing yang makin banyak masuk dan digunakan oleh masyarakat, tanpa disadari dapat menghilangkan jati diri kita sebagai bangsa Indonesia dan penggunaan bahasa Indonesia dalam rangka mempertahankan identitas bangsa.  
Ika, guru bahasa Indonesia di SMPIT Bina Insani berharap prestasi ini dijadikan motivasi untuk terus berbenah. 

“Saya sebagai guru bahasa Indonesia tentu berharap agar warga sekolah terus membiasakan diri untuk menggunakan bahasa Indonesia di lingkungan sekolah. Baik pada saat berkomunikasi lisan maupun dalam bentuk tulisan. Mari kita terus tingkatkan agar tahun depan kita lebih baik lagi,” tuturnya. 

Di tempat terpisah, Ahmad Kuseini, selaku Wakil Ketua DPRD Kota Metro memberikan apresiasi. “Kita sebagai orang Metro patut bangga dan bahagia, sebab dari lima pemenang empat diantaranya dari Bandarlampung dan SMPIT Bina Insani satu-satunya dari Kota Metro. 

Pemerintah Kota Metro juga mestinya turut memberikan apresiasi atas capaian yang diperoleh. Kami pun memberikan apresiasi kepada Kantor Bahasa Lampung yang sudah menyelenggarakan kegiatan yang menunjang untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia di Lampung ini,” jelasnya. (rls/bdy/inilampung)

LIPSUS