28 Jajaran Kwarcab Pramuka Pesibar Dapat Lencana Pancawarsa
Cari Berita

Breaking News

banner atas

28 Jajaran Kwarcab Pramuka Pesibar Dapat Lencana Pancawarsa

INILAMPUNG
Senin, 14 September 2020

Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Pesisir Barat Agus Istiqlal pada Hari Pramuka yang ke-59 Tahun. Foto. Eva.


INILAMPUNG.COM, Krui--Sebanyak 28 jajaran Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar), mendapatkan penghargaan Lencana Pancawarsa.


Penghargaan itu diserahkan Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Pesisir Barat Agus Istiqlal pada upacara peringatan Hari Pramuka yang ke-59 tahun, Senin (14/09/2020).


Agus yang juga Bupati Pesibar, mengharapkan peringatan Hari Pramuka dapat mendorong perkembangan dan kemandirian Pramuka dalam membentuk karakter kaum muda sebagai calon pemimpin bangsa yang lebih handal dan lebih baik pada masa depan.


Bangsa Indonesia saat ini mengalami bencana global berupa pandemi Covid-19. Bencana ini membuat berbagai aktifitas nyaris berhenti, baik di bidang perekonomian maupun kehidupan bermasyarakat. 


Namun hal itu jangan sampai membuat masyarakat berkecil hati dan patah semangat. Semua aktivitas yang biasa dilakukan, saat ini bisa dilakukan, walaupun dalam kondisi terbatas, dengan adaptasi kebiasaan baru.


Begitu juga dengan kegiatan kegiatan kepramukaan, dapat dilakukan dengan metode lain yang tidak menghilangkan ciri khas kepramukaan namun tetap memperhatikan protokol kesehatan.


Gerakan Pramuka seharusnya ambil bagian dalam penanggulangan bencana ini dimulai dari hal-hal kecil, seperti menjaga kebersihan diri, menggunakan masker bila keluar rumah, menjaga jarak dikeramaian, dan lain-lain. 


Selain itu, gerakan pramuka juga turut melaksanakan kegiatan bakti sosial penanggulangan covid-19 berupa pembagian masker dan handsanitizer, serta bantuan sembako bagi masyarakat yang membutuhkan.


"Bencana pandemi covid-19 adalah bencana bagi kita semua. Karena itu, penanggulangannya adalah menjadi tanggungjawab bersama. Bukan hanya tugas pemerintah. Namun juga menjadi tugas setiap anggota masyarakat agar pandemi covid-19 segera berakhir," katanya.


Pada kesempatan itu, berlangsung pelantikan Kamabiran Gerakan Pramuka Pulau Pisang dan Waykrui yang dipimpin Ketua Harian Gerakan Pramuka Kwarcab Pesisir Barat, Jon Edwar. (Eva/inilampung.com)

LIPSUS