Sejumlah Tokoh Natar Dirikan Organisasi, LONTAR
Cari Berita

Breaking News

banner atas

Sejumlah Tokoh Natar Dirikan Organisasi, LONTAR

INILAMPUNG
Selasa, 22 September 2020

 

INILAMPUNGCOM -  Sejumlah tokoh di Natar membentuk satu organisasi masyarakat. Namanya, Laskar Orang Natar yang disingkat LONTAR.


Acara itu, diawali ketika tokoh pemuda dan tokoh masyarakat dari 26 Desa Sekecamatan Natar, Minggu (20/9). Pada pertemuan itu, mereka sepakat bergandengan tangan membentuk perhimpunan organisasi masyarakat yang mereka namakan Laskar Orang Natar (Lontar).

 

Layaknya semua komunitas, diacara itu pun dipilih ketua, yang disepakati yaknu Letnan Satu (Purn) Ypar, yakni Mantan Babinsa Natar dengan sebutan Panglima Laskar Lontar. Selain Panglima, ada beberapa nama tokoh Natar lain dalam 'gerbong' organisasi tersebut, antara lain; Mantan Wakil Bupati Lampung Selatan, Hi. Eki Setyanto, untuk posisi Dewan Pembina Lontar. 

Menurut Yupar, acara itu sengaja digelar dikediamanya -- desa Merak Batin, Kecamatan Natar-- agar masing-masing desa bisa hadir, mengingat secara geografis mudah dijangkau. 

Pertemuannya mengikuti protokol kesehatan dengan mempertemukan wakil dari masing-masing desa yang ada di Kecamatan Natar. 


"Sebenarnya kami ini sudah lama berhimpun seperti ini. Namun setelah bermusyawarah kenapa tidak kita eratkan saja ikatan ini dalam satu organisasi yang lebih terstruktur dan memiliki nilai persatuan sesama orang natar," ujar Panglima Lontar ini.


Tadinya, menurut Yupar, masing-masing para panglima laskar dari 26 desa ingin membawa anggotanya apel akbar orang natar di lapangan PSN Merak Batin.

"Tapi masa Pandemi seperti ini, kalau jumlah massa sampai lima ribu itu sangat membahayakan keselamatan dan melanggar aturan protokol kesehatan," ungkapnya. 


Orang Natar Pilih Orang Natar

Tujuan dibentuknya Lontar itu, menurut Yupar, selain meningkatkan persatuan dan soliditas sesama warga Natar, juga menjaga iklim kondusif di kecamatan Natar. 


"Semua bersatu disini, bhinneka tunggal ika. Baik suku, agama dan lainnya. Natar adalah kampung halaman kami. Kami harus menjaga dan merawatnya," kata Yupar. 


Sementara, mantan Wakil Bupati Lampung Selatan Hi Eki Setyanto mengaku, kehadiranya karena memang diminta jadi Dewan Pembina Lontar. 


"Sebagai orang Natar, saya bersedia dan siap mendukung ikatan keluarga besar orang Natar ini," kata Eki ketika itu.


Ketika ditanya lebih jauh, apakah ini terkait dukungan terhadap Pilkada 9 Desember 2020, dimana istri Eki Setyanto --- mencalonkan diri sebagai cawabup Lampung Selatan yang berpasangan dengan Hipni,  Eki tak menampik. "Orang Natar ya pilih orang Natar, dong," ujar Eki seraya tertawa (fjt/inilampungcom).

LIPSUS