Expo Lomba Kewirausahaan Pelajar dan Mahsiswa di Pringsewu Diikuti 30 Finalis
Cari Berita

Breaking News

banner atas

Expo Lomba Kewirausahaan Pelajar dan Mahsiswa di Pringsewu Diikuti 30 Finalis

INILAMPUNG
Minggu, 25 Oktober 2020

 Bupati Sujadi didamping Kadis Koperindag Masykur Hasan meninjau stand expo. Foto. Tyo.


INLAMPUNG.COM, Pringsewu--Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) UKM Kabupaten Pringsewu menggelar Expo Lomba Inovasi Kewirausahaan Pelajar, Pemuda dan Mahasiswa, Sabtu-Rabu 24-28 Oktober 2020.


Kegiatan yang kedua pada tahun 2020 tersebut juga bekerja sama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pringsewu. Ekspo yang berlangsung di Pendopo Pringsewu, diikuti 30 finalis dari 47 peserta (stand). 


Panitia menerapkan ketat ptotokol kesehatan untuk mencegah peyebaran pandemi Covid-19. Setiap lokasi secara rutin disemprot disinfektan.


Kadis Koperindag UKM Pringsewu Masykur Hasan menuturkan, expo itu salah satu rangkaian kegiatan yang saling berkaitan dengan kegiatan Festival Lomba Inovasi Kewirausahaan yang wajib diikuti setiap peserta selama sembilan bulan sebelumnya.


Untuk kategori lomba berupa gagasan dan rintisan. Meliputi lima bidang usaha yakni craft, fashion, makanan, minuman dan bidang lainnya, jelas Masykur.


Sedang tahapan puncaknya pada expo produk dan penjualan produk, diantaranya melalui YouTube Chanel Lomba Inovasi Wirausaha yang disiapkan sebagai wahana promosi.


Masykur Hasan mengharapkan, kegiatan tersebut dapat memunculkan wirausaha rintisan dan gagasan agar terbiasa menyusun rencana dan disiplin sebelum melaksanakan usahanya. "Kegiaan ini diharapkan melahirkan inovasi dan gagasan berwirausaha,"harapnya.


Dia menambahkan, selama kegiatan berlangsung juga akan  digelar fokus group diskusion atau grup diskusi dengan menghadirkan berbagai narasumber terkait dengan kewirausahaan.


Sementara Bupati Pringsewru Suajdi ketika membuka kegiatan pada Sabtu (24-10-2020) malam, mengapresiasi. Di tengah pandemi Covid-19, pemuda, pelajar dan mahasiswa di Pringsewu terus berkreasi.


Menurutnya, kesulitan karena pandemi Covid-19 jangan dijadikan untuk bermalas-malasan, namun justru untuk menemukan ide-ide baru dalam berkreasi. "Expo ini merupakan contoh nyata kreasi di tengah pandemi Covid-19 dan sebagai bupati tentunya kami mengapresiasi acara ini," ucapnya.


Bupati Sujadi juga mengharapkan OPD lain juga bisa berbuat dan berinovasi demi percepatan pembangunan.


Kegiatan seperti ini juga dapat memotivasi untuk pengembangan kewirausahaan. "Diharapan, perbankan dapat melirik dan meminjamkan modalnya bagi para wirausaha agar bisa berkembang,"harapnya.


Disamping itu Bupati Pringsewu meminta pihak terkait, agar bisa melakukan pembinaan kepada para wirausaha UKM agar didorong menghasilkan produk berkualitas dan layak jual. (tyo/inilampung.com).

LIPSUS