Viral. Narasi TV Bongkar Pembakar Halte Sarinah
Cari Berita

Breaking News

banner atas

Viral. Narasi TV Bongkar Pembakar Halte Sarinah

INILAMPUNG
Jumat, 30 Oktober 2020

INILAMPUNG.COM, Jakarta - Mengejutkan, jurnalis senior Njawa Shihab bersama Narasi TV membongkar pelaku pembakaran halte Sarinah saat demo tolak UU Cipta Kerja.

Tim Narasi TV serentak mengunggah video mengebohkan berdurasi 9.58 menit di kanal YouTube Narasi Newsroom pada 28 Oktober 2020 lalu.

Di dalam video yang diunggah oleh tim Narasi TV dan juga Najwa Shihab ini berisi dalang sebenarnya yang menyebabkan pembakaran halte Sarinah saat demo Omnibus Law.

“Dengan menggabungkan video yang kami kumpulkan dari sumber terbuka, Tim Buka Mata Narasi menyusun kembali secara rinci, menit demi menit pembakaran Halte TransJakarta Sarinah pada 8 Oktober 2020. Hasil analisis kami menemukan bahwa para pelaku memang datang untuk membakar Halte TransJakarta dan memperburuk situasi aksi demonstrasi penolakan UU Cipta Kerja” dikutip dari kanal YouTube Narasi Newsroom.

Di dalam video investigasi tersebut, narator Narasi TV bercerita bagaimana proses inversitasi berlangsung.
Lihat postingan ini di Instagram

Dengan menggabungkan video yang kami kumpulkan dari sumber terbuka, Tim Buka Mata Narasi menyusun kembali secara rinci, menit demi menit pembakaran Halte TransJakarta Sarinah pada 8 Oktober 2020. Hasil analisis kami menemukan bahwa para pelaku memang datang untuk membakar Halte TransJakarta dan memperburuk situasi aksi demonstrasi penolakan UU Cipta Kerja. Pelaku mula-mula datang dari arah Jalan Sunda secara berkelompok saat aksi mulai panas di perempatan Sarinah. Mereka sempat berfoto-foto dan melakukan pengamatan. Secara terencana, para pelaku kemudian berpencar untuk membakar Halte TransJakarta. Saat mahasiswa terlibat bentrokan dengan Polisi di perempatan Sarinah, para pelaku sibuk melakukan pengrusakan halte. Mereka lantas memanfaatkan momen itu untuk melakukan pengrusakan lebih masif dengan sengaja menyulut api di dalam halte. Hanya butuh waktu satu jam bagi para pelaku untuk menyulut api dan membuat bara di Jalan MH Thamrin. Dan para pelaku bukan bagian dari mahasiswa atau buruh yang menjadi motor penggerak aksi demonstrasi penolakan Undang-Undang Cipta Kerja yang baru disetujui DPR dan Pemerintah dalam rapat paripurna pada 5 Oktober 2020. Tonton juga BukaMata eps. [62 Menit Operasi Pembakaran Halte Sarinah] dan episode lainnya di https://www.narasi.tv. #Narasi #Narasinewsroom #Sarinah #UUCipakerja #ciptakerja #omnibuslaw

Sebuah kiriman dibagikan oleh Narasi Newsroom (@narasinewsroom) pada

“Pelaku mula-mula datang dari arah Jalan Sunda secara berkelompok saat aksi mulai panas di perempatan Sarinah. Mereka sempat berfoto-foto dan melakukan pengamatan. Secara terencana, para pelaku kemudian berpencar untuk membakar Halte TransJakarta,” ujar narator Narasi TV.

“Saat mahasiswa terlibat bentrokan dengan Polisi di perempatan Sarinah, para pelaku sibuk melakukan pengrusakan halte. Mereka lantas memanfaatkan momen itu untuk melakukan pengrusakan lebih masif dengan sengaja menyulut api di dalam halte,” kata narator Narasi TV.

Rupanya tim Narasi TV menemukan fakta bahwa dalang pembakaran halte Sarinah bukanlah dari kalangan mahasiswa.

“Hanya butuh waktu satu jam bagi para pelaku untuk menyulut api dan membuat bara di Jalan MH Thamrin. Dan para pelaku bukan bagian dari mahasiswa atau buruh yang menjadi motor penggerak aksi demonstrasi penolakan Undang-Undang Cipta Kerja yang baru disetujui DPR dan Pemerintah dalam rapat paripurna pada 5 Oktober 2020,” ucap narator Narasi TV.

Video hasil invertigasi tim Narasi TV yang digawangi Najwa Shihab ini sontak ramai dibicarakan.

Najwa Shihab dan tim Narasi TV memang terkenal vokal menyuarakan segala sesuatu yang dinilai janggal di negeri ini. Salah satunya adalah perihal pembakaran halte Sarinah saat demo Omnibus Law.(net/inilampung)

LIPSUS