Hari Pahlawan, PTPN VII Kembali Donor Darah
Cari Berita

Breaking News

banner atas

Hari Pahlawan, PTPN VII Kembali Donor Darah

INILAMPUNG
Selasa, 10 November 2020

Sekretaris Perusahaan Bambang Hartawan mengikuti kegiatan donor darah. Foto ist 


INILAMPUNG.COM, Bandarlampung--Memperingati 75 tahun Hari Pahlawan, PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VII menggelar donor darah. 


Aksi sosial rutin itu digelar bertepatan dengan Hari Pahlawan karena selaras dengan tema nasional Hari Pahlawan Tahun 2020, yakni “Menjadi Pahlawan Selamanya.”


“Kami ingin menandai Hari Pahlawan tahun ini dengan kegiatan sosial yang mengandung nilai heroik kepahlawanan, tetapi pahlawan kemanusiaan. Jadi, meskipun masih dalam situasi pandemi, kami gelar kembali donor darah massal dengan protokol kesehatan ketat,” kata Sekretaris Perusahaan Bambang Hartawan, Selasa (10/11/2020).


Sebelum donor darah, para pimpinan PTPN VII mengikuti secara virtual dari ruang rapat utama kantor direksi, upacara peringatan Hari Pahlawan dengan inspektur upacara Presiden Joko Widodo di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta. 


Prosesi yang dimulai pukul 8.00 dan dilanjutkan dengan tabur bunga di pusara para pahlawan itu diikuti melalui siaran langsung TVRI dan kanal Youtube Kementerian Sosial https://www.youtube.com/c/kemensosRI28.


Meskipun daring, Direktur PTPN VII Doni P. Gandamihardja tampak hikmat mengikuti semua sesi upacara. Ia didampingi Senior Executive Vice President (SEVP) Business Support Okta Kurniawan, SEVP Operation I Fauzi Omar, dan SEVP Operation II Dicky Tjahyono.


Selain itu, seluruh kepala bagian di Kantor Direksi dan beberapa pejabat utama juga ikut. Secara daring, upacara juga diikuti oleh para manajer unit dan jajaran dari kantornya masing-masing. Juga para pejabat di beberapa anak perusahaan.


Seremonial memperingati Hari Pahlawan yang biasanya dilakukan apel bendera, karena masih situasi pandemi dilaksanakan secara online. Meskipun demikian, penerapan protokol kesehatan tetap dilaksanakan dengan katat. Setiap peserta wajib mencuci tangan dengan sabun dan atau menggunakan hand sanitizer, mengenakan masker, dan menjaga jarak.


Tentang kegiatan donor darah, Bambang Hartawan mengatakan, agenda rutin setiap tiga bulan bekerja sama dengan PMI Provinsi Lampung ini sudah sempat berjalan di masa pandemi, namun  untuk periode ke 3/2020 agak tertunda karena mempertimbangkan fluktuasi gejala wabah yang terjadi.


“Pada bulan November ini, diputuskan diadakan kembali  yang bertepatan  dengan peringatan Hari Pahlawan. Waktu pelaksanaan ini kami anggap sangat tepat karena tema nasional kita adalah Menjadi Pahlawan Selamanya. Nah, donor darah ini adalah menjadi pahlawan kemanusiaan,” kata Bambang.


Sebagai prasyarat penting, Bambang mewanti-wanti kepada panitia donor darah dari Sub Bagian Komunikasi Perusahaan dan PKBL untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Sebab, kata dia, jangan sampai niatnya untuk berderma sosial untuk kemanusiaan, tetapi justru ada efek buruk bagi diri sendiri.


“Alhamdulillah, donor darah berjalan dengan lancar diikuti karyawan dari Kandir dan beberapa dari Unit Kerja sekitar. Antusias karyawan sangat tinggi, terbutki masih terkumpul 56 kantong darah,” kata dia.


Sejak pagi, para peserta donor darah, terutama yang datang dari Unit sudah hadir di Kolaboratif (Gedung Serba Guna) Kompleks Perumahan PTPN VII. Antara lain, dari Unit Way Berulu, Unit Bergen, Unit Kedaton, dan Unit Rejosari-Pematangkiwah.


Dokter Annisa Mardhiyyah dari PMI Lampung mengatakan di era pandemi ini PMI sangat kekurangan kebutuhan darah karena para pendonor masih dibayangi rasa khawatir. Selain itu, kata dia, kegiatan donor yang dilaksanakan perusahaan atau organisaai masih belum pulih.


PMI Lampung sangat mengapresiasi kegiatan donor darah yang dilaksanakan PTPN VII. Ini sangat membantu PMI dalam memenuhi kebutuhan darah. Prakarsa PTPN VII ini juga beberapa kali mendapat penghargaan dari PMI.


"Jangan takut ikut donor, kegiatan donor darah ini tidak akan menukarkan covid 19, selama pelaksanaannya menerapkan protokol seperti yang dilaksanakan PTPN VII hari ini," kata dia. (mfn/rls/inilampung.com)

LIPSUS