Ketua Harian KONI Lampung Dukung Pringsewu Jadi Tuan Rumah Porprov
Cari Berita

Breaking News

banner atas

Ketua Harian KONI Lampung Dukung Pringsewu Jadi Tuan Rumah Porprov

INILAMPUNG
Selasa, 17 November 2020

KONI Provinsi Lampung dan Prinsewu dengan Pemkab Pringsewu gelar FGD tata kelola pelaksanaan Porprov Lampung. Foto. Tyo.


INILAMPUNG.COM, Pringsewu - Kabupaten Pringsewu untuk menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Lampung IX pada 2022 semakin mendekati kenyataan.


Hal itu berdasarkan hasil Focus Group Discussion (FGD) antara pihak Pemprov Lampung, dihadiri Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), Hanibal, pengurus KONI Provinsi Lampung, dan KONI Kabupaten Pringsewu serta dinas terkait pemkab setempat.


FGD berlangsung di ruang rapat Sekdakab Pringsewu, Selasa (17-11-2020). Hanibal yang juga Ketua Harian KONI Lampung merasa yakin dan optimis jika Pringsewu layak menjadi tuan rumah porprov. 


"Saya paham betul kondisi  Pringsewu, SDM-nya mumpuni dan sapras juga mendukung," ujarnya. Tinggal menunggu dukungan pemerintah daerah, karena terkait anggaran.


Hanibal menegakan, Pemprov Lampung akan sharing membantu anggaran. Pemkab Pringsewu menyiapkan seseromi pembukaan dan penutupannya. "Gelar yang sederhana saja," ucapnya.


Hanibal menilai Pringsewu terkenal petarung, berani dan punya nyali serta berani berkorban. Baik itu semangat dari Pengurus KONI Pringsewu juga pihak Pemkabnya."Terbukti di Pringsewu muncul atlit-atlit berprestasi nasional hingga tingkat dunia sepeti angkat besi, atletik, bela diri dan renang," jelasnya.


Dia menambahkan, jika Pringsewu terealiasasi menjadi tuan rumah Porprov Lampung akan menjadi kebanggaan tersendiri. Sebab melalui ajang olahraga ini dipastikan mendatangkan banyak tamu, sehingga bakal meningkatkan ekonomi kerakyatan.


"Juga turut mempromosikan wisata yang ada di Kabupaten Pringsewu ini, termasuk Bendungan Bumiratu yang baru dibangun dan sebentar lagi selesai,"ungkapnya.


Ditambah lagi sebagai momen sejarah, ataupun kado istimewa diakhir kepemimpinan Bupati Sujadi. "Ini bakal menjadi sejarah langka dan cukup penting,"imbuh Hanibal.


Bupati Sujadi mengungkapkan pada intinya Pringsewu siap menjadi tuan rumah Porprov Lampung IX  namun terlebih dulu harus ada pembahasan bersama terkait anggaran dengan berbagai pihak.


"Misal, mana anggaran yang akan dipikul provinsi dan mana juga yang akan dipikul oleh kabupaten. Nanti kita juga akan melibatkan pihak ketiga dan sponsorsif,"ucap Bupati Sujadi.


Sementara itu Ketua Umum KONI Pringsewu Dwi Pribadi pada FGD juga memaparkan sarana dan prasarana yang ada guna persiapan Porprovsi. Diantaranya sejumlah sarana tempat bertanding atlet yang ada dan memadai serta standar.


Dwi juga menjelaskan, untuk sarana penginapan para tamu, di Pringsewu ada sejumlah Hotel, penginapan dan Homstay."Untuk pariwisata di Pringsewu cukup banyak, seperti bendungan Bumiratu, Talang air Raksasa, air terjun Pagasan dan tempat rekerasi lainnya,"paparnya.


Dwi meyakinkan, ajang Porprov Lampung di Pringsewu ini juga menjadi tontontan masyarakat yang menarik sehingga dapat dipastikan menjadi rujukan masyarakat daerah lain akan datang ke Pringsewu."Dipastikan perputaran uang di Pringsewu bakal meningkat dan meningkatkan ekonomi masyarakat kecil,"kata Ketua KONI Pringsewu. (tyo/inilampung.com)

LIPSUS