Cari Berita

Breaking News

KPU Pesisir Barat Gelar Simulasi Pemungutan Suara

INILAMPUNG
Sabtu, 21 November 2020


INILAMPUNG.COM, Pesisir Barat  - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar) menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara pemilihan bupati dan wakil bupati Kabupaten Pesibar tahun 2020 di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 02 Pekon Marang Kecamatan Pesisir Selatan, Sabtu (21/11/2020).


Ketua KPU Pesibar, Marlini mengatakan simulasi dilaksanakan untuk meminimalkan kesalahan karena ketidakpahaman masyarakat pemilih maupun petugas di TPS. Mengingat lilkada tahun ini digelar pada saat pandemi Covid-19,  ada 12 hal baru yang harus dipahami pemilih.

"Salah satunya dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 seperti memakai masker, cuci tangan pakai sabun, jaga jarak, pengecekan suhu tubuh dan sebagainya," katanya.

Untuk itu, dia berharap dalam simulasi ini, masyarakat maupun petugas di TPS memahami dengan baik. Sehingga pelaksanaan pilkada nanti tidak menjadi klaster baru Covid-19. 

"Simulai menghadirkan 200 calon pemilih. KPU Pesibar juga kembali mengingatkan kepada masyarakat yang telah memiliki hak pilih untuk datang menyalurkan hak suaranya ke TPS," katanya.

"Begitu juga dengan masyarakat pemilih yang belum terdaftar dalam daftar pemilih tetap untuk melapor ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) maupun ke KPU Pesbar," jelasnya.

Sementara itu, Azhari menyampaikan sambutan Pjs.Bupati Pesbar, mengatakan akibat adanya pandemi covid-19 yang terjadi di Indonesia,  akan memberikan suasana yang berbeda pada pelaksanaan Pilkada tahun ini. Dengan kondisi seperti ini, segala upaya harus dipersiapkan agar pelaksanaan Pilkada tetap berjalan dengan lancar, aman dan sukses. 

"Karena itu dengan dilaksanakan simulasi ini tentu sangat penting dilaksanakan guna mencegah penyebaran covid-19 di Pesbar, serta sebagai pembelajaran untuk membiasakan diri pada petugas dan masyarakat, agar mekanisme protokol kesehatan dapat berjalan dengan baik," kata Azhari.

Hadir dalam kegiatan itu Ketua KPU Pesibar, Marlini beserta anggota KPU setempat, Staf Ahli Bupati Pesibar Azhari., ketua Bawaslu Pesibar Irwansyah, tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Pesibar, unsur Forkopimda serta undangan terkait lainnya. (Eva/inilampung.com)

LIPSUS