Masyumi Di Deklarasikan, Partai Ummat Gabung?
Cari Berita

Breaking News

banner atas

Masyumi Di Deklarasikan, Partai Ummat Gabung?

INILAMPUNG
Sabtu, 07 November 2020

INILAMPUNG.COM, Jakarta - Loyalis Amien Rais, Agung Mozin, mengatakan ada dua peluang kemungkinan peleburan dua partai baru, yakni Partai Ummat yang dipelopori Amien Rais akan bergabung ke dalam Partai Masyumi yang kembali dibangkitkan oleh sejumlah tokoh pada hari ini, Sabtu (7/11).

Atau peluang kedua, Partai Masyumi bergabung dan melebur bersama partai bentukan Mantan Ketua MPR RI ke-11 ini.

"Pak Amien menyampaikan jika dalam perjalanan nanti, setelah dilakukan survei oleh lembaga terpercaya dan Partai Ummat lebih besar, maka Masyumi reborn silakan bergabung dengan Partai Ummat, demikian juga sebaliknya," kata Agung dikutip dari CNNIndonesia.com, Sabtu (7/11/2020).

Gagasan itu muncul usai Amien menghadiri acara deklarasi kebangkitan Partai Masyumi. Diketahui, hari ini sejumlah tokoh secara resmi kembali mendeklarasikan bangkitnya Partai Masyumi. Deklarasi dilakukan bertepatan dengan Hari Ulang Tahun ke-75 Partai Masyumi yang sempat didirikan pada 1945.

"Pak Amien menyambut semangat kelahiran kembali Masyumi," kata Agung.

Semangat Amien itu juga muncul usai Ketua Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Partai Islam Ideologis (BPU-PPII), A. Cholil Ridwan, yang melalui pidatonya meminta dengan kembalinya Partai Masyumi, Partai Ummat yang dipelopori oleh Amien Rais untuk bergabung ke dalam partai. Cholil menilai, sosok Amien akan membuat Partai Masyumi lebih kuat.

"Kita minta secara terang-terangan dan terbuka, marilah Partai Ummat yang beliau dirikan supaya bergabung sepenuhnya dengan Partai Masyumi," kata Cholil saat menyampaikan pidato dalam deklarasi Partai Masyumi yang disiarkan secara virtual, Sabtu (7/11).

Kendati demikian, Amien menyebut untuk sementara ini dia masih akan fokus membangun Partai Ummat. Jika ke depannya Partai Ummat tidak berkembang secara signifikan, Amien siap membubarkan Partai Ummat dan bergabung dengan Masyumi.

"Kalau saya, misalnya Masyumi lebih besar, Partai Ummat saya bubarkan untuk Masyumi. Tapi, kalau Partai Ummat lebih besar, please join us," pungkasnya.(cn/inilampung)

LIPSUS