Usai Acara HRS, Kapolda Metro Jaya dan Jabar Dicopot
Cari Berita

Breaking News

banner atas

Usai Acara HRS, Kapolda Metro Jaya dan Jabar Dicopot

INILAMPUNG
Selasa, 17 November 2020

INILAMPUNG.COM, Jakarta - Kerumuman masa acara Habib Rizieq Shihab (HRS) di wilayah Polda Metro Jaya dan Polda Jawa Barat ternyata berbuntut panjang. Kapolda Metro Jaya dan Kapolda Jawa Barat dicopot.

Sebelumnya, terjadi kerumunan masa ketika Habib Rizieq Shihab melakukan kegiatan di Bogor, Jawa Barat pada Jumat (13/11/2020). Serta kegiatan akad pernikahan putri Habib Rizieq Shihab, Syarifah Nazwa Shihab di Petamburan, Jakarta Pusat, Sabtu (14/11/2020) malam.

Hal itu disampaikan langsung oleh Kadiv Humas Polri melalui siaran persnya, duanya dicopot oleh Kapolri Jenderal Idham Azis berdasarkan surat telegram Nomor ST3222/XI/Kep/2020 tanggal 16 November 20. Irjen Nana Sudjana Kapolda Metro Jaya dan  Irjen Rudy Sufahriadi Kapolda Jabar dicopot.

"Ada dua kapolda yang tidak melaksanakan perintah dalam menegakkan protokol kesehatan, maka diberikan sanksi berupa pencopotan," kata Irjen Argo Yuwono di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jaksel, Senin (16/11/2020).

"Yaitu Kapolda Metro Jaya dan Kapoda Jawa Barat," sambung Argo.

Kapolda Jawa Timur Irjen Fadil Imran ditunjuk menggantikan posisi Nana sebagai Kapolda Metro Jaya. Sedangkan Nana dimutasi menjadi Kors Ahli Kapolri.

Kemudian, Asisten Logistik Kapolri Irjen Ahmad Dofiri ditunjuk menggantikan Rudy sebagai Kapolda Jabar. Sementara Rudy menjadi widyaiswara tingkat 1 Lemdiklat Polri.

Sebelumnya, Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menjanjikan akan ada tindakan tegas bagi aparat yang membiarkan pelanggaran protokol kesehatan pencegahan Covid-19, termasuk kerumunan massa di tengah pandemi.

“Kepada aparat keamanan, kepada aparat keamanan, kepada aparat keamanan Pemerintah minta tidak ragu dan bertindak tegas dalam memastikan protokol kesehatan dapat dilakukan dengan baik,” ujar Mahfud dalam keterangan pers di Kemenko Polhukam yang disiarkan secara daring, (16/11/2020).(dbs/inilampung)

LIPSUS