-->
Cari Berita

adsense google

Breaking News

Dinas Perpustakaan Luncurkan Naskah Arsip dan Video Masa Kolonisasi

INILAMPUNG
Selasa, 22 Desember 2020

Bupati Sujadi secara simbolis menyerahkan Naskah Sumber Arsip Bersejarah kepada mantan Rektor Unila Prof.Dr.Ir.Muhajir Utomo.


INILAMPUNG, Pringsewu - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) Kabupaten Pringsewu meluncurkan Naskah Sumber Arsip dan Video Dokumenter masa Kolonisasi Pringsewu, Selasa (22-12-2020).


Peluncuran yang berlangsung di Hotel Uran Pringsewu itu diisi dengan dialog yang diikuti perwakilan pelajar, mahasiswa,  tokoh masyarakat, penggiat sejarah. Menghadirkan sejumlah narasumber: Prof.Dr.Ir.Muhajir Utomo (mantan Rektor Unila/anak kolonis), Farida Ariyani (Cucu KH.Ghalib), M.Arman AZ (penggiat sejarah) dan Khaidir Arif (tokoh Adat Lampung Pekon Margakaya). 


Kepala DPKD Pringsewu Suheriyanto mengatakan, tujuan kegiatan tersebut sebagai paua penyelamatan arsip yang bernilai sejarah. Selain itu untuk menambah khasanah arsip statis Kabupaten Pringsewu berdasarkan prinsip asal-usul dan prinsip aturan asli. 


"Ini bagian dari upaya dan komitmen Pemkab Pringsewu dalam menyelamatkan arsip-arsip bersejarah," kata Suheriyanto.


Menurua dia, arsip-arsip itu, kelakan dapat menjadi rujukan informasi tentang sejarah Kabupaten Pringsewu, khususnya di masa kolonisasi. 


"Terpenting  ini adalah bentuk komitmen dan kepedulian Pemkab Pringsewu terhadap sejarah," tegasnya.


Bupati Pringsewu Sujadi mengapresiasi DPKD yang telah menyelenggarakan agenda tersebut.


Dia berharap, naskah sumber arsip yang disusun dapat  menambah khasanah arsip statis Kabupaten Pringsewu  juga sebagai  penyelamatan arsip daerah yang bernilai sejarah.


"Naskah sumber arsip dapat menjadi wadah dalam penggambaran informasi sejarah dan menjadi bahan  penelitian sejarah dan hal-hal lain yang bermanfaat untuk masyarakat luas," kata Bupati Sujadi.(tyo/inilampung.com)

LIPSUS