Cari Berita

Breaking News

Klub Nonton dan Komunitas Film Siap Bangun Ekosistem Film di Lampung

Jumat, 04 Desember 2020




INILAMPUNG -- Klub Nonton dan komunitas film yang hadir pada Community Forum dalam gelaran 15th Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF) Lampung menyatakan siap membangun ekosistem film di Lampung. Hal ini disampaikan setelah forum diskusi berakhir, sebagai kesimpulan setelah membahas tantangan dan hambatan perfilman di Lampung pada Jumat (27/11).

Ryan Ramadhan selaku Koordinator Forum Komunitas dari 15th Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF) Community Forum Lampung mengungkapkan bahwa permasalahan yang paling mendasar dari komunitas film di Lampung adalah belum terciptanya ekosistem yang baik dan mendukung satu sama lain.

“Setelah kita berhasil membangun ekosistem, kita akan mulai mengukuhkan peran masing-masing komunitas. Kami berharap nanti masing-masing komunitas ini dapat saling mengisi satu sama lain dengan kolaborasi sehingga kegiatannya bisa berkelanjutan. Inilah tujuan dari adanya Forum Komunitas”, ungkapnya.

Anggi Bastians, peserta Forum Komunitas asal SMK Pelita Pesawaran mengungkapkan bahwa ia merasa senang dengan adanya Forum Komunitas 15th Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF) Lampung ini. 

“Bahagia sekali kegiatan Forum Komunitas akhirnya terselenggara di Lampung, karena belum pernah ada sebelumnya. Selain untuk ajang silaturahmi antar komunitas film, acara ini kita juga dapat meningkatkan gairah dan semangat filmmaker yg ada di Lampung untuk menghasilkan karya-karya yang luar biasa kedepannya,” ungkap Anggi.

Forum Komunitas 15th Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF) Lampung ini dihadiri lebih dari 15 komunitas film, asosiasi film, serta sekolah seni dari seluruh penjuru Lampung yang diselenggarakan di Gedung Dewan Kesenian Lampung pada 26 dan 27 November 2020.

Selain Forum Komunitas, telah terselenggara pula program pemutaran yang berlangsung pada tanggal 26 sampai 28 November 2020, yaitu Layar Komunitas, Asian Prespective (JAFF-NETPAC), Light of Asia, dan Indonesian Film Splash Short serta program tambahan spesial dari Klub Nonton yaitu Sekura: Wajah Sinema Lampung dan The Spirit of East.

Dari masing2 program tersebut, beberapa film terpilih -dari total ratusan film yang ikut serta dari seluruh penjuru benua Asia-  akan ditayangkan dengan kuota terbatas. Jumlah penonton dibatasi 50 orang per filmnya dengan menaati protokol kesehatan COVID-19. (rls/inilampung)

LIPSUS