-->
Cari Berita

adsense google

Breaking News

Normalisasi Way Saral, Lindungi Sawah dari Banjir dan Jadi Tempat Wiata

INILAMPUNG
Selasa, 22 Desember 2020

 Bupati Pesisir Barat, Agus Istiqlal tinjau normalisasi Way Saral. Foto. Eva.


INILAMPUNG, Pesisir Barat - Bupati Pesisir Barat (Pesibar), Agus Istiqlal meninjau normalisasi Way Saral yang membentang sepanjang lima kilometer, Selasa (22-12-2020). 


Sungai Saral melintasi tujuh pekon di Kecamatan Krui Selatan. Yakni, Pekon Mandirisejati, Balaikencana, Padangraya, Waysuluh, Waynapal, Padanghaluan, dan Pekon Lintik.


Agus Istiqlal meminta Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Pesibar menormalisasi sungai tesebut secara maksimal. "Di sisi kanan dan kiri sungai harus dibangun dinding beton. Di muara sungai yang berada di Pekon Lintik bisa dibangun pintu air," ucap Agus.


DPUPR diminta segera menyusun anggaran untuk pembangunan dinding sungai dan pintu air pada bagian muara. 


Normalisasi sungai, menurut Agus, bisa menyelamatkan sawah seluas 90 hektare lebih di Pekon Mandirisejati dari kebanjiran yang sering terjadi saat curah hujan tinggi. "Selain itu debit air Way Saral juga bisa lebih teratur," imbuhnya.


Lebih dari itu, setelah normalisasi selesai, kata Agus, kawasan itu bisa menjadi tempat wisata setelah ditambah dengan taman dan bisa menjadi tempat memancing ikan. (Eva/inilampung.com).

LIPSUS