-->
Cari Berita

adsense google

Breaking News

Pesibar Salurkan Pompa Air dan Hand Spayer kepada Kelompok Tani

INILAMPUNG
Rabu, 30 Desember 2020

Bupati Pesisir Barat, Agus Istiqlal menyerahan bantuan alsintan kepada kelompok tani. Foto. Eva.

INILAMPUNG, Pesisir Barat -  Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar) memberikan bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) kepada 25 kelompok tani (poktan).

Alsintan berupa 24 unit pompa air untuk 24 poktan dan 25 unit hand spayer untuk lima poktan, itu diserahkan Bupati Pesibar, Agus Istiqlal di kantor BPP Kecamatan Pesisir Selatan, Rabu (30/12/2020). 

Menurut Agus, bantuan alsintan tersebut untuk mendukung percepatan tanam dan panen padi para petani di Pesibar. Penerima bantuan telah melalui proses verifikasi secara administrasi maupun secara teknis di lapangan. Karena itu, Dinas Pertanian dan seluruh elemen yang terkait harus memantau agar bantuan tersebut dapat dimanfaatkan secara optimal. 

Semua bantuan yang diberikan Pemkab Pesibar bertujuan untuk mewujudkan kemandirian dan kesejahteraan petani. Karena itu, bantuan tersebut harus dimanfaatkan sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan. Diharapkan petani di Pesibar ke depan turut berperan meraih kemandirian pangan.

"Saya sampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kinerja tugas para penyuluh dalam mendampingi kelompok tani, serta semangat dari kelompok tani dalam meningkatkan kemandirian di bidang pertanian," katanya.

Selanjutnya, Agus mengatakan pembangunan pertanian untuk kedaulatan pangan menjadi prioritas utama pemerintah. Kedaulatan pangan dikatakan berhasil jika memenuhi parameter: Terpenuhinya kebutuhan pangan hasil produksi dalam negeri, kebijakan pangan dapat diatur secara mandiri, petani sebagai pelaku utama usaha pertanian terlindungi dan kesejahteraannya terjamin. 

Pada tahun 2020, pemerintah kembali melakukan upaya khusus (upsus) dan berbagai langkah strategis dalam menanggulangi dampak pandemik Covid-19 di Indonesia. Upaya pengamanan stok pangan nasional ditempuh melalui berbagai program. Seperti penyediaan dan perbaikan sarana dan prasarana pertanian.

""Pemerintah berkewajiban mendukung ketersediaan sarana pertanian terutama alat dan mesin pertanian, serta pembinaan dan pengembangan pengelolaan alat dan mesin pertanian," katanya.tersebut.

Masyarakat Pesibar, kata Agus, harus berperan aktif dalam menyukseskan upaya khusus pencapaian produksi komoditas pertanian. Seluruh jajaran di pemerintahan juga harus aktif menyukseskan upsus untuk mewujudkan kemandirian pangan. (eva/inilampung.com).

LIPSUS