-->
Cari Berita

adsense google

Breaking News

Tanggapi Keluhan Petani Palas, Mukhlis Janji Bantu Bibit Padi MSP

INILAMPUNG
Sabtu, 19 Desember 2020

 
Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Mukhlis Basri. Foto. Ist.


INILAMPUNG, Palas - Knggota Komisi I DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Mukhlis Basri menawarkan solusi kepada petani untuk meningkatkan produktivitas usaha taninya.


Tawaran itu disampaikan Mukhlis kepada warga saat reses di Desa Palas Bangunan, Kecamatan Palas, Kabupaten Lampung Selatan, Sabtu (19-12-2020).


Ketika itu, seorang pewakilan petani, Hasan Basri mengungkapkan tentang buruknya kualitas bibit padi bantuan dari pemerintah.


"Bibit padi bantuan dari pemerintah yang diterima petani di sini, kualitasnya kurang bagus. Sehingga hasil panennya tidak maksimal," kata Hasan.


Menanggapi hal itu, Mukhlis akan membantu petani di Kecamatan Palas dapat menggunakan bibit padi MSP (Mega Soekarno Putri) karya pemulia bibit Surono.


Selain itu, reses yang dihadiri anggota DPRD Lampung Lesty Putri Utami, pengurus dan kader PDI Perjuangan se-Kecamatan Palas, Mukhlis menyarankan petani setempat membuat demplot. 


"Bibitnya saya yang sediakan, bibit padi MSP. Saya juga bantu biaya operasional demplot," kata mantan Bupati Lampung Barat dua periode itu.


Pada bagian lain, Mukhlis mengatakan reses yang dilakukan bertujuan mengawal program pemerintah di daerah pemilihan (dapil)-nya, serta mendorong percepatan peningkatan kesejahteraan rakyat.


"Mmomen reses seperti ini saya manfaatkan untuk bertemu dan menyerap aspirasi masyarakat. Dan, Insyaallah masukan dari masyarakat akan saya perjuangkan untuk diwujudkan," ujarnya.


Pengembangan bibit MSP merupakan program PDI Perjuangan untuk mewujudkan kedaulatan pangan di Indonesia. Karena itu, ia meminta kepada semua pihak untuk mendukung program tersebut.


"Program ini di Indramayu didukung seluruh kader partai dan masyarakat yang peduli akan pangan," katanya. Program MSP bukan hanya padi, tapi ada kacang tanah, dan beberapa bibit komoddits pertanian lainnya.


Sementara itu, Ketua PAC PDI P Kecamatan Palas, Poniran, menyambut antusias program tersebut. Dia siap mendukung demi terciptanya kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani, khususnya di Kecamatan Palas


"Kami siap mendukung program MSP ini sebagai amanat partai dan akan berusaha semaksimal mungkin mengawal program tersebut untuk kesejahteraan petani," katanya. (mfn/rls/inilampung.com).

LIPSUS