-->
Cari Berita

adsense google

Breaking News

Joe Biden Dilantik, Trump Pulang Kampung

INILAMPUNG
Kamis, 21 Januari 2021

Prosesi Pelantikan Presiden Amerika Serikat Joe Biden. (AP/inilampung)

INILAMPUNG.COM, AS - Setelah sempat diwarnai penyerbuan massa pendukung Donald Trump dalam upaya menggagalkan anggota parlemen untuk mengesahan kemenangan presiden terpilih Joe Biden oleh Kongres di Gedung Capitol Amerika Serikat (AS) pada Rabu (6/1/2021) lalu. 

Hari ini, Rabu 20 Januari 2021 waktu setempat Joe Biden dari Partai Demokrat dilantik sebagai Presiden ke-46 AS. Resmi menggantikan Donald Trump.

"Melestarikan, melindungi, dan mempertahankan Konstitusi Amerika Serikat," sumpah Biden dengan tangan di atas Alkitabnya.

Pengambilan sumpah Biden dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung John Roberts.

Biden, 78 tahun, menjadi Presiden tertua dalam sejarah AS.

Pasangan Biden, Kamala Harris adalah anak perempuan pasangan imigran Jamaika dan India. Ia menjadi orang kulit hitam pertama, perempuan pertama, dan warga pertama AS keturunan Asia yang menjabat sebagai Wakil Presiden.

Harris dilantik oleh Hakim Agung AS Sonia Sotomayor, yang merupakan hakim agung pertama keturunan Amerika Latin.

Trump 'Pulang Kampung'

Beberapa jam sebelum pelantikan, Trump meninggalkan Gedung Putih. Ia antarkan dengan pesawat kepresidenan, Air Force One, menuju resor miliknya, Mar-a-Lago, di Florida.

Trump menolak bertemu dengan Biden atau menghadiri pelantikan penggantinya. Hal tersebut dianggap tidak sesuai tradisi politik AS. Selalu menampakkan isyarat yang menegaskan peralihan kekuasaan secara damai.

Trump, yang tidak mengakui kekalahan dalam pemilihan presiden AS 3 November 2020, tidak menyebut nama Biden dalam sambutan terakhirnya sebagai Presiden pada Rabu pagi. Ia memuji rekor pemerintahannya dan berjanji akan kembali "dalam beberapa bentuk".(reuters/inilampung)

LIPSUS