-->
Cari Berita

adsense google

Breaking News

Komjen Listyo Sigit Prabowo Calon Tunggal Kapolri

INILAMPUNG
Kamis, 14 Januari 2021

INILAMPUNG.COM, Jakarta - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo akhirnya menunjuk satu nama untuk menggantikan Jenderal Idham Azis sebagai Kapolri. Kabar tersebut disampaikan Ketua DPR RI Puan Maharani pada Rabu, 13 Januari 2021 di Gedung DPR RI.

Surat Presiden untuk Kapolri Baru akan disampaikan langsung oleh Mensesneg Pratikno pada Rabu, 13 Januari 2021, yang menyatakan jika Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo menjadi calon tunggal penggati Kapolri.

“Surpres telah kami terima dari bapak presiden yang mana bapak presiden menyampaikan usulan pejabat Kapolri yang akan datang dengan nama tunggal yaitu bapak drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., yang saat ini menjabat sebagai Kabareskrim di Polri,” kata Puan. 

Kabareskrim Komjen Pol Listyo Sigit akan menjalani uji kepatutan dan kelayakan oleh Komisi III DPR sebagai mitra kerja Polri.

Setelah uji kepatutan dan kelayakan, Komjen Pol Listyo Sigit akan menjalani proses pengesahan pada paripurna DPR, kemudian dilanjutkan pelantikan sebagai Kapolri di Istana Negara.

Usai menjalankan tugas terakhirnya, Jenderal Idham Azis akan memasuki masa pensiun. Jenderal Idham Azis pernah menjabat Kapolda Metro dan Kabareskrim. Dia menjabat sebagai Kapolri pada 1 November 2019 dan pensiun pada Februari 2021.

Listyo Sigit Prabowo
Listyo Sigit Prabowo dikenal dekat dengan Presiden Joko Widodo ketika Jokowi masih menjadi Wali Kota Solo. Kedekatan mereka semakin erat ketika Jokowi menjadi Presiden pada 2014 dan Sigit menjadi ajudan Jokowi hingga 2016.

Pria kelahiran Ambon, Maluku, 5 Mei 1969 itu merupakan perwira lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1991. Ia merupakan lulusan S2 Universitas Indonesia serta pernah menjabat sebagai Kapolres Pati (2009) dan Kepala Kepolisian Resor Sukoharjo (2010). 

Selanjutnya, dia menduduki posisi Wakapoltabes Semarang dan pernah menjadi Kapolres Solo.

Saat Jokowi maju sebagai Gubernur DKI Jakarta pada 2012, Sigit ikut serta pindah ke Ibu Kota dan menjabat sebagai Kasubdit II Dittipidum Bareskrim Polri. Sebelum menjadi ajudan Jokowi pada 2014, Sigit pernah ditugaskan sebagai Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sulawesi Tenggara pada 2013.

Usai menjadi ajudan Jokowi pada 5 Oktober 2016 hingga 13 Agustus 2018, ia mendapat promosi sebagai Kapolda Banten dan mendapatkan kenaikan pangkat bintang satu.

Pol Listyo Sigit Prabowo menjadi salah satu anggota polisi yang mendapat promosi jabatan di lingkungan Polri sebagai Kadiv Propam. Hingga 16 Desember 2019, Sigit resmi dilantik menjadi Kepala Bareskrim Polri.(pr/inilampung)

LIPSUS