Cari Berita

Breaking News

Muswil HIMPSI Lampung, Nunik: Sehat Fisik dan Mental Selama Pandemi

INILAMPUNG
Senin, 25 Januari 2021

Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia Chalim di Acara Muswil HIMPSI Lampung (Ist/inilampung)

INILAMPUNG.COM, Bandarlampung – Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) Wilayah Lampung gelar Musyawarah Wilayah (Muswil) I, di salah satu Hotel Bandarlampung, pada Minggu, (24/1/2021).

HIMPSI Wilayah Lampung terbentuk pertama kali pada 2016 dan diketuai oleh Renyep Proborini, dengan masa bakti 2016-2020. Untuk periode 2020-2025 telah menghasilkan ketua Shinta Mayasari.

Dalam perjalanannya, HIMPSI Wilayah Lampung yang merupakan organisasi profesi untuk para psikolog dan ilmuwan psikologi. HIMPSI Wilayah Lampung juga telah banyak memberikan kontribusi positif dalam bidang pelayanan psikologi bagi masyarakat Lampung.

Adapun kegiatannya yakni pemberian psikoedukasi dan berbagai kegiatan yang mengasah keterampilan dan kompetensi para ilmuwan psikologi dan psikolog. Tak lupa di musim pandemi Covid-19 ini, HIMPSI memberikan pelayanan dukungan psikososial kepada masyarakat.

HIMPSI juga turut ambil bagian dalam pelayanan sehat jiwa (Sejiwa) bagi masyarakat melalui TelePFA Sejiwa (kontak telepon 119-ext 8) dibawah komando Gugus Tugas Covid-19 Nasional.

Ketua baru HIMPSI Wilayah Lampung Shinta Mayasari menyampaikan harapan dan tujuan HIMPSI di masa yang akan datang.

“HIMPSI Wilayah Lampung akan terus meningkatkan layanan psikologi bagi kesehatan mental masyarakat Lampung di tengah kondisi pandemi, dan bersinergi dengan berbagai pihak,” Kata Shinta kepada inilampung.com melalui keterangan tertulisnya. 

Selain itu, HIMPSI Lampung juga terus mendukung program-program pemerintah daerah Lampung dalam penanganan Covid-19 melalui program 3 M (Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak), serta turut menyukseskan program vaksinasi Covid-19.
Muswil HIMPSI Lampung (Ist/inilampung)

Dalam pelaksanaanya, Musyawarah Wilayah HIMPSI Lampung diawali dengan seminar ilmiah psikologi melalui daring. Kegiatan seminar terbagi menjadi dua sesi, pada pagi dan siang hari. 

Seminar ini menghadirkan lima orang pemateri dari lima perguruan tinggi yang menyelenggarakan Pendidikan Psikologi, di antaranya UIN Raden Intan Lampung, Universitas Lampung, Universitas Muhammadiyah Lampung, Universitas Malahayati, dan Universitas Aisyah Pringsewu.

Kelima pembicara dari lima Perguruan Tinggi masing-masing memaparkan tema yang berkaitan dengan tema kesehatan mental keluarga di masa pandemi serta tema adaptif dan produktif di masa pandemi.

Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia Chalim turut tampil sebagai Keynote Speaker dalam kegiatan seminar HIMPSI. Nunik, sapaan akrabnya mengatakan, setiap keluarga di Provinsi Lampung harus selalu berfikir positif.

Harus meningkatkan empati sosial, dan berusaha menemukan berkah dalam semua sisi hidupnya, agar dapat bersikap optimis, serta lebih sehat secara fisik dan mental selama pandemi covid-19. Nunik juga menjelaskan tentang pentingnya kesehatan mental di masa pandemi ini.

Nunik juga mengapresiasi kehadiran HIMPSI Wilayah Lampung yang sudah banyak berkontribusi dalam memberikan layanan psikologi kepada masyarakat Lampung, dengan berbagai kegiatan yang sudah dilaksanakan selama empat tahun kepengurusan.

“Terlebih lagi di masa pandemi seperti sekarang ini, HIMPSI sebagai organisasi yang menaungi para psikolog serta ilmuwan psikologi, dapat memberikan layanan dukungan psikososial bagi masyarakat,” Kata Nunik.(rls/inilampung)

LIPSUS