-->
Cari Berita

adsense google

Breaking News

Dirjen Pemdes Kemendagri Tinjau Pilkakon Serentak di Pringsewu

INILAMPUNG
Kamis, 25 Februari 2021

Bupati Pringsewu Sujadi mendampingi Dirjen Bina Pemdes Kemendagri Yusharto Huntoyungo meninjau pemungutan suara Pilkakon Bulukarto, Kecamatan Gadingrejo.


INILAMPUNG, Gadingrejo - Pemilihan Kepala Pekon/Desa (pilkakon) Serentak di Kabupaten Pringsewu  mendapat perhatian khusus dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) 


Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kemendagri Yusharto Huntoyungo bersama Kepala Balai Pemerintahan Desa Kemendagri Wilayah Sumatera Irsan, meninjau langsung pelaksanaan pilkakon tersebut.


Peninjauan dilakukan di tempat pemungutan suara: TPS 06 Pekon Gadingrejo dan TPS 01 Pekon Bulukarto, Kecamatan Gadingrejo.


Proses pemungutan suara di dua lokasi tersebut menjadi sample pelaksanaan pilkakon serentak pada 48 pekon di Kabupaten Pringsewu.


Pada peninjauan tersebut, rombongan juga melakukan dialog secara virtual dengan Sekretaris Jenderal Kemendagri di Jakarta, melalui fasilitas video conference dari Balai Pekon Gadingrejo Utara.


Dirjen Bina Pemdes Yusharto Huntoyungo mengapresiasi pelaksanaan pilkakon serentak di Kabupaten Pringsewu. 


"Secara umum penyelenggaraan Pemilihan Kepala Pekon ini sudah sesuai dengan Permendagri Nomor: 72 Tahun 2020 tentang Perubahan Peraturan Mendagri Nomor:112 Tahun 2018, khususnya dari sisi pelaksanaan serta  ketertiban, juga pengamanan yang sudah bagus," kata Dirjen Bina Pemdes Yusharto Huntoyungo. 


Kepada rombongan Kemendagri, Bupati Pringsewu Sujadi mengatakan, pemkab memperkuat sinergi dengan kepolisian dan TNI, ntuk pengamanan pelaksanaan pilkakon serentak di tengah pandemi covid-19.


Bupati juga mengimbau kepada seluruh panitia pilkakon dan masyarakat agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan covid-19.


Hal senada disampaikan Kapolres Pringsewu AKBP.Hamid Andri Soemantri. Dia mengatakan, untuk pengamanan Pilkakon Serentak pihaknya mengerahkan  800 personel kepolisian, terdiri dari: 348 personel Polres Pringsewu ditambah personel BKO dari Polda dan Satuan Brimobda Lampung. 


Sedangkan, pihak Kodim 0424/Tanggamus mengerahkan 280 personel TNI untuk membantu pengamanan pilkakon serentak di Kabupaten Pringsewu.


Sekedar informasi, hasil penghitungan suara Pilkakon Bulokarto, Kecamatan Gadingrejo diikuti lima calon kepala pekon. Tiga besar peraih suara terbanyak pada pilkakon setempat: calon nomor urut 3 Nurdin meraih 847 suara, calon nomor 1 Eko Purnomo  meraih 793 suara dan calon nomor urut 5 Demy Prastowo Yuwono memperoleh 558 suara. (tyo/inilampung.com).

LIPSUS