-->
Cari Berita

adsense google

Breaking News

Jabatan Walikota Herman HN Berakhir, Selanjutnya Istri yang Meneruskan

INILAMPUNG
Senin, 15 Februari 2021

Herman HN, Walikota Bandarlampung (Ist/inilampung)

INILAMPUNG.COM, Bandarlampung - Masa jabatan wali kota dan wakil wali kota Bandarlampung akan segera rampung bulan ini. Hal tersebut diketahui dari jadwal rapat paripurna istimewa akhir masa jabatan wali kota di kantor DPRD kota Bandarlampung, hari ini, Senin 15 Februari 2021.

Dengan berakhirnya masa jabatan Herman HN dan M Yusuf Kohar, maka jabatan sementara, akan diisi oleh Sekretaris Kota Bandarlampung.

Hal tersebut tertera dalam surat edaran Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) Nomor 120/738/OTDA tentang Penugasan Pelaksana Harian (Plh.) Kepala Daerah, yang isinya pada bulan Februari 2021 beberapa kepala daerah akan meletakan jabatan. Kemudian menunjuk Sekretaris Daerah untuk melaksanakan tugas sehari-hari Kepala Daerah, sampai Presiden mengangkat Kepala Daerah yang baru.

Sekretaris Kota Badri Tamam mengatakan akan menjalani tugas sesuai ketentuan serta melanjutkan semua program yang sudah berjalan selama ini.

“Saya hanya akan melanjutkan kebijakan yang telah ada sebelumnya. Kemudian mempersiapkan pelantikan kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih," kata Badri Tamam kepada media, Minggu (14/2/2021).

Diketahui, Bandarlampung akan memiliki  walikota baru yakni Eva Dwiana dan Deddy Amrullah. Eva Dwiana tak lain adalah istri Herman HN, sementara Deddy Amrullah memiliki latar belakang birokrat di kota Tapis Berseri.

Pasangan pemenang pilkada Bandarlampung itu sempat didiskualifikasi oleh Bawaslu Lampung terkait pelanggaran administratif terstruktur, sistematis dan masif. Namun pasangan tersebut dimenangkan oleh MA, setelah Eva- Deddy melayangkan gugatan hasil putusan Bawaslu.

Paslon nomor 3 yang diusung oleh PDIP, Partai Gerindra dan Nasdem itu memperoleh suara terbanyak, 249.241 disusul Yusuf Kohar- Tulus Purnomo dengan 93.280 suara dan Rycko Menoza-Johan Sulaiman yang mendapatkan 92.428 suara.

Kemudian, jika sesuai dengan tahapan pilkada 2020, maka pelantikan seluruh kepala daerah terpilih dilantik pada 17 Februari 2021.(dbs/inilampung)

LIPSUS