-->
Cari Berita

adsense google

Breaking News

Mukhlis: Empat Pilar MPR Fondasi Berbangsa dan Bernegara

INILAMPUNG
Sabtu, 13 Februari 2021

Anggota MPR RI Mukhlis Basri saat sosialisasi Empat Pilar MPR di Sekincau, Lampung Barat.  


INILAMPUNG, Sekincau - Empat Pilar MPR harus terus disosialisasikan agar masyarakat tidak terpengaruh paham yang dapat merusak persatuan dan kesatuan bangsa.


"Empat Pilar MPR merupakan fondasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia," ujar Anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI asal Lampung, Mukhlis Basri saat sosialisasi Empat Pilkar MPR di Kecamatan Sekincau, Lampung Barat, Sabtu (13-2-2021).


Mukhlis menganalogikan membangun negara dan bangsa yang kuat ibarat membangun rumah yang memerlukan fondasi dan pilar yang kokoh.


Dalam bernegara, fondasi bangsa Indonesia berupa Empat Pilkar MPR. Teridiri atas Pancasila, Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika. 


"Fondasi itu yang memperkokoh bangsa Indonesia. Meski terdiri dari beragam agama, suku, bahasa, golongan, Indonesia hingga kini tetap kokoh," jelas Mukhlis.


Hal itu juga yang menjaga keutuhan Indonesia yang memiliki penduduk lebih dari 250 juta jiwa. Tersebar di ribuan pulau mulai Sabang sampai Merauke, Talaud hingga Timor. Namun semua tetap satu dalam bingkai NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.


Pada kesempatan tersebut, Mukhlis mengaku senang dapat bersilaturahmi dengan masyarakat Sekincau. Selain untuk  dengan masyarakat, kata dia, kehadirannya untuk mensosialisasikan Empat Pilar MPR.


"Ini merupakan tugas MPR, Empat Pilar harus terus dimantapkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara," tegasnya.


Menurut Mukhlis, banyak tantangan yang dihadapi dalam menjaga persatuan dan kesatuan RI. Terlebih kini dunia sedang dilanda pandemi COVID-19, yang meluluhlantakan berbagai sendi kehidupan masyarakat, mulai dari kesehatan, pendidikan, pariwisata, serta sektor lainnya.


Saat berkunjung ke berbagai daerah, dia mengaku prihatin. Banyak aktivitas perekonomian masyarakat yang terhenti, sehingga kehidupannya semakin sulit. Dalam kondisi seperti itu, masyarakat harus mengutamakan kesehatan.


Mandeknya aktivitas masyarakat di berbagai sektor kehidupan, menjadi tantangan terbesar dalam berbangsa dan bernegara. Kondisi itu harus segera dipulihkan agar perekonomian bergerak, dan sektor lainnya kembali membaik. "Ini harus diperjuangkan bersama-sama," katanya. 


Vaksinasi Covid-19 dengan penerapan protokol kesehatan, menurut dia, salah satu upaya memulihkan kembali kondisi menjadi lebih baik. Hal itu akan membuat rakyat lebih percaya diri dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. 


Karena itu, Mukhlis mengajak semua pihak mendorong masyarakat tidak ragu untuk ikut disuntik vaksin Covid-19. Harapannya, pandemi segera berakhir, dan semua sektor kembali bergerak.


Mukhlis berpesan tiga hal kepada masyarakat. Tingkatkan sistem imun tubuh dengan mengonsumsi makanan sehat dan vitamin. Jaga persatuan dan kesatuan bangsa. Laksanakan dengan sungguh-sungguh Empat Pilar MPR. (mfn/rls/inilampung.com)


LIPSUS