-->
Cari Berita

adsense google

Breaking News

Sastrawan Asal Pesisir Barat Raih Anugerah Sastra Rancege 2021

INILAMPUNG
Senin, 01 Februari 2021

 Sastrawab asal Pesisir Barat, Elly Dharmawanti meraih Anugerah Sastra Rancage 2021.


INILAMPUNG, Pesisir Barat - Sastrawan Lampung Elly Dharmawanti dengan karya kumpulan puisinya bertajuk: “Dang Miwang Niku Ading” memenangkan Anugerah Sastra Rancage 2021. 


Sastrawan asal kabupaten Pesisir Barat ini berhasil menyisihkan dua kumpulan puisi lain “Katan rik Kilak” karya Semacca Andanant dan” Setiwang” karya Udo Z Karzi.


Demikian pengumuman Pemenang Anugerah Sastra Rancage 2021 yang dilakukan Yayasan Kebudayaan Rancage secara virtual yang dihadiri Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid, pada (31/1/2021).


Juri Lampung Sastra Rancage 2021, Farida Aryani, mengatakan, Dang Miwang Niku Ading yang diterbitkan Pustaka LaBRAK (2020) berisi 70 judul puisi yang menggambarkan nasihat kepada adiknya yang patah hati karna ditinggal kekasih.


Menurut Ketua Prodi Magister Bahasa dan Kebudayaan Lampung FKIP Universitas Lampung ini, judul ini mewakili puisi lainnya yang bertemakan tentang perilaku, tradisi, adat istiadat, dan sikap orang Lampung.


“Puisi Dang Miwang Niku Ading diungkapkan dalam bentuk puisi pendek dengan menggunakan teknik repetisi dan memiliki kekuatan imajinasi yang tergambar dalam sajak “niku lagi mengura ketutuk mesikop munih” (kamu masih muda juga cantik – pen),” ujarnya.


Tema pada Dang Miwang Niku Ading, kata dia, merepresentasikan rasa empati dan kasih sayang yang sangat diperlukan di era saat ini terlihat dalam sajak puisi yang berjudul “Jawoh jak Hulun Tuha” yang menggambarkan kebaruan tema di masa pandemi yang sulit bertemu dengan keluarga dan teman terlihat pada baris “Ajo lagi Corona, mak dacok sesilauan” artinya “ini sedang Corona, tidak dapat saling berkunjung”. (eva/inilampung.com)

LIPSUS