Cari Berita

Breaking News

Septi Ajak TP PKK Pesibar Sukseskan Program 2021

INILAMPUNG
Selasa, 16 Februari 2021

Ketua TP PKK Pesisir Barat, Septi Istiqlal memimpin rapat bulanan PKK.

 

INILAMPUNG, Pesisir Barat - Tim Penggerak PKK se-Kabupaten Pesisir Barat diminta menyukseskan 10 program pokok PKK pada tahun 2021.


Ajakan itu disampaikan Ketua TP-PKK Kabupaten Pesisir Barat, Septi Istiqlal saat memimpin rapat koordinasi bulanan TP-PKK Pesisir Barat melalui video convrence, Selasa (16-2-2021).


Rapat diikuti pengurus dan anggota TP-PKK kabupaten, kecamatan, dan pekon se-Pesisir Barat, serta perwakilan dari Dinas Kesehatan setempat.


Disebutkan program PKK itu mencakup: Penghayatan dan Pengamalan Pancasila, Gotong-royong, Pangan, Sandang, Perumahan dan Tatalaksana Rumah Tangga, Pendidikan dan Ketrampilan, Kesehatan, Pengembangan Kehidupan Berkoperasi, serta Kelestarian Lingkungan Hidup.


Selanjutnya, Septi menyampaikan pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan diri terutama pada era pandemi Covid-19. Serta mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus Corona.


"Memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun di air mengalir, dan menghindari kerumuman, merupakan upaya mencegah penularan Covid-19," katanya.


Upaya mencegah penyebaran Covid-19 dapat dilakukan dengan berbagai cara yang saling berkaitan. Mulai dari pengetesan, isolasi, karantina, pembatasan fisik, penelusuran kontak, identifikasi kontak, hingga pencarian pola penyebaran.


Covid -19 merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus severe acute respiratory syindrome corona virus 2 (SARS-COV-2). Virus ini dapat menyebabkan gangguan pernapasan mulai dari gejala yang ringan seperti flu, hingga infeksi paru-paru seperti pneumonia.


Gejala awal infeksi Covid-19 bisa menyerupai gejala flu. Yaitu demam, pilek, batuk kering, sakit tenggorokan dan sakit kepala. Gejala tersebut dapat muncul ketika tubuh bereaksi melawan virus Covid-19.


Secara umum, ada beberapa gejala umum yang bisa menandakan seseorang terinfeksi Covid-19 yaitu: demam, batuk kering, sesak napas, hilangnya mengecap rasa, hilangnya mencium bau. Gejala Covid-19 bisa muncul dalam dua hari sampai dua minggu setelah seseorang terinfeksi virus.


"Untuk itu mari kita membiasakan diri pola hidup sehat, mulai dari makanan,tempat tinggal serta rajin berolah raga," ajak Septi. (Eva/inilampung.com)

LIPSUS