Cari Berita

Breaking News

Pemuda Pancasila Ajak Kumandangkan Lagu Kebangsaan

INILAMPUNG
Senin, 24 Mei 2021

MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Pringsewu pelopori gerakan mengumandangkan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya.


INILAMPUNG, Pringsewu - Sejumlah warga di Pasar Sarinongko Pringsewu terlihat bersikap tegap dan khitmad mengumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya.


Kegiatan berlangsung pada Senin 24 Mei 2021 sekitar pukul 08.00 WIB. Gerakan mengumandangkan lagu kebangsaan ciptaan Wage Rudolf Supratman, itu dipelopori Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila, Kabupaten Pringsewu.


Mereka yang mayoritas dari kalangan pedagang, buruh kuli, satpam dan pengayuh becak serta sejumlah pengurus MPC dan PAC PP pada berdiri tegap di pelataran Pasar Sarinongko dan di depan ruko atau kios turut melantunkan lagu Indonesia Raya.


Ketua MPC PP Kabupaten Pringsewu Beno Benyamin mengatakan kegiatan itu sengaja dilakukan di tempat terbuka. Tujuannya, berjemur matahari pagi untuk meningkatkan imunitas tubuh di tengah pandemi Covid-19 yang belum berakhir.


Namun tujuan utama kegiatan itu, kata dia, untuk meningkatkan semangat nasionalisme masyarakat. Diharapkan makin memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.


"Kegiatan itu kami rencanakan dilakukan setiap Senin pagi denga lokasi berpindah-pindah di sembilan kecamatan yang ada di Kabupaten Pringsewu," katanya.


"Kami ingi mengajak masyarakat, terutama generasi mudah, untuk terus menanamkan cinta tanah air dan menghormati para pejuang bangsa," katanya.


Menurut Beno, bukan mustahil jika generasi muda saat ini akan kehilangan nasionalismenya. Apalagi jika generasi muda tidak hafal dengan lagu-lagu nasional, seperti Lagu Indonesia Raya. 


Semangat nasionalisme perlu terus dijaga, antara lain dengan menghayati lagu-labu kebangsaan. "Semoga gerakan mengumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya bisa menjaga nasionalisme masyarakat," harapnya. (tyo/inilampung.com)

LIPSUS