Cari Berita

Breaking News

63 Tahun Isbedy, Ari Pahala: Cacat Kultural!

INILAMPUNG
Minggu, 06 Juni 2021
Views

Isbedy Stiawan ZS berulang tahun ke 63 tahun. (Ist/inilampung)

INILAMPUNG.COM, Bandarlampung - Paus Sastra Lampung, Isbedy Stiawan ZS berulangtahun. Pada 5 Juni 2021, usia Isbedy berusia 63 tahun.

Acara milad pengampu Lamban Sastra itu dirayakan di Pondok Santap Taman Untung, Jl Untung Surapati, Labuhanratu, Bandarlampung.

Para seniman Lampung hadir. Mereka antara lain Ari Pahala Hutabarat, Syaiful Irba Tanpaka, Alexander Gebe, Agusei Junaidi, Arief Mulyadin, Erika Novalia  Sani, Iin Muthmainah, Ivan Bonang, Alfariezie. Lalu politisi Lampung Yozi Rizal, Mufthi Salim, Muchlas E. Bastari. Ada juga Ganjar Jationo, rekan Isbedy. Serta sejumlah dosen di Bandarlampung, dan mahasiswa. 
Perayaan Milad ke 63 Isbedy Stiawan ZS. (Ist/inilampung)

Dalam testimoni perayaan milad ke 63 Isbedy, Direktur Artistik Komunitas Berkat Yakin (KoBer) Ari Pahala Hutabarat mengatakan bahwa meski ia banyak berbeda dan berselisih pemikiran, namun Isbedy tak bisa dipungkiri merupakan tokoh atau legenda hidup pada kesenian dan kebudayaan di Lampung.

"Jadi cacat kultural apabila Isbedy tidak diterima dalam kepengurusan Akademi Lampung," tandas penyair Lampung ini.

Ia menyebut, dari personel Akademi Lampung (AL) jauh dari ketokohan dan pergulatan berkesenian dibanding Isbedy.

"Ini jelaa cacat kultur, cacat budaya," ulang Ari. 

Ia mengatakan, meski ia sering berbeda pemikiran atau bahkan berselisih dalam hal pandangan berkesenian, namun Ari mengaku tak bisa memungkiri menyebut kesenian atau kebudayaan di Lampung akan memuara pada diri Isbedy. 

"Kalau kita ke luar Lampung dalam even kesenian, maka orang akan menyebut nama Isbedy," imbuhnya.

Hal sama dikatakan Iin Muthmainah. Ia mengaku kenal Isbedy semasa SMP saat menjadi peserta lomba baca puisi. "Sampai kini Isbedy masih menekuni bidang seni. Tetap serius mengggelutinya. Semoga Isbedy hidup 1001 tahun lagi," harap Iin.
63 Tahun Sastrawan Isbedy Stiawan ZS. (Ist/inilampung)

Sementara Syaiful Irba Tanpaka menceritakan persahabatannya dengan Isbedy sejak 1976-an. Dan sampai kini, Isbedy satu-satunya seniman yang masih berkarya.

Syaiful juga menyinggung ihwal penunjukan personel AL. Waktu itu ia sebagai salah satu tim seleksi AL. "Namun saya dan Iswadi kalah suara untuk menjadikan Isbedy sebagai pengurus AL. Entah apa alasannya menolak Isbedy," ucap Syaiful.

Selain ketiga seniman Lampung itu, Ganjar Jationo dan Muchlas E. Bastari memberi "kesaksian" tentang kiprah kepenyairan Isbedy. 

"Selayaknya Isbedy diberi tempat dan apresiasi dari pemerintah ataupun masyarakat, karena melalui karya-karyanya telah mengharumkan Lampung," kata Muchlas.(bdy/inilampung)

LIPSUS